Wali Kota Kunjungi Kementan, Pariaman Dapat Bantuan

 Wali kota foto bersama dengan jajaran Kementan


KOTA PARIAMAN-Wali Kota Pariaman, Genius Umar kunjungi Kementerian Pertanian. Kunjungan itu berbuah manis. Dua bantuan langsung didapat, pembuatan rumah potong hewan dan paket pertanian terintegrasi. 


Wali Kota Genius Umar mendapatkan bantuan bagi masyarakat itu setelah bertemu dengan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian yang diwakili Direktur Kesmavet, Syamsul Ma'arif di Jakarta, Senin (15/11/2021). 

"Kota Pariaman sedang mulai mengembangkan pertanian terpadu yang sesuai dengan konsep integrated farming (pertanian terintegrasi), sehingga kedepan dengan penerapan konsep ini, akan meningkatkan perekonomian masyarakat," kata wali kota yang dikutip dari laman resmi pemerintah kota.

Integrated farming merupakan sistem pertanian dengan upaya memanfaatkan keterkaitan antara tanaman perkebunan, pangan, hortikultura, hewan ternak dan perikanan, untuk mendapatkan agro ekosistem, yang mendukung produksi pertanian (stabilitas habitat), peningkatan ekonomi dan pelestarian sumber daya alam. 

"Kita berharap dengan pertanian terintegrasi tersebut, menjadi kekuatan agar kedepan. Kita tidak hanya mono komoditas, atau bertumpu pada satu produksi misalnya, padi atau jagung saja, tetapi menjadi multi komoditas yang kita dapatkan, sehingga petani semakin sejahtera," tuturnya.

Kementerian Pertanian berjanji memberikan bantuan RPH dan 60 paket untuk pertanian terintegrasi. Syamsul Ma'arif menyebutkan, pertanian terintegrasi, sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo, yang mendorong agar di era pandemi Covid-19 ini, salah satu muaranya untuk membuat daya tahan bangsa semakin baik, agar ekonomi bangsa segera bangkit, yakni pertanian.

"Pertanian terpadu menjadi solusi peningkatan kualitas mutu produksi pertanian baik secara kualitas dan kuantitas, serta menjadi jawaban dalam upaya meningkatkan kesejahteraan para petani dalam upaya menuju kedaulatan pangan daerah dan juga nasional," ungkapnya. 

Syamsul Ma'arif mengimbau agar Pemko Pariaman melalui Dinas Pertanian Pangan Perikanan dapat memberikan bantuan bibit buah untuk tanaman pekarangan di rumah-rumah penduduk, yang nantinya bisa memperkuat ketahanan pangan sekaligus meningkatkan ekonomi warga. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama