Danrem Siap Bersinergi Bangun Sumatera Barat


 Danrem dan jajaran foto bersama dengan Gubernur Mahyeldi


PADANG-Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto menyatakan siap berkolaborasi dan bersinergi dengan Perintahan Provinsi Sumatera Barat dalam mendukung pembangunan daerah.

"Kita harus berkolaborasi dengan pemerintah daerah di Sumbar untuk mensinkronkan kehadiran kami dalam rangka membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan," ujarnya pada kunjungan perdana pad Gubernur Mahyeldi di istana gubernur, Senin (27/12/2021).

Menurut Purmanto, sinergi dan kolaborasi adalah kunci keberhasilan ketika TNI melaksanakan tugas di lapangan guna membantu pemerintah daerah untuk memajukan daerah, bangsa dan negara.

Ia mengatakan, nantinya tidak hanya urusan teritorial yang akan menjadi fokusnya tetapi juga akan berkolaborasi dengan masyarakat untuk mengembangkan sektor peternakan dan pertanian.

"Mudah-mudahan ke depan terbangun hubungan yang serasi antara Korem dengan pemerintah dan masyarakat," ujarnya.

Gubernur Mahyeldi merespon baik apa yang harapkan dan di cita-cita kan oleh Korem 032/Wirabraja terhadap pembangunan di Sumbar. 

Ia menjelaskan, pembinaan badan usaha milik nagari (Bumnag) dan Bumdes di Sumbar terus dipacu. Tiga strategi yang dilakukan adalah dengan pemilihan pengelola yang tepat, pemilihan bidang usaha yang sesuai dengan potensi nagari, serta pengawasan yang baik.

Terutama dalam pemanfaatan pupuk dan pakan ternak, mereka nanti akan dilatih untuk membuat pakan ternak. "Semangat nasional itu ada di nagari, untuk memanfaatkan masyarakat desa dan nagari itu akan ada Dinas PMD yang akan mengawasi," katanya.

Tidak hanya itu banyak usahanya pun beragam, mulai dari pariwisata, perkebunan, pengelolaan bank sampah, simpan pinjam, perikanan, perdagangan hasil hutan dan penyediaan sarana produksi pertanian seperti pupuk dan racun hama.

"Semua keuntungan dari Bumnag dan Bumdes sepenuhnya menjadi pendapatan asli nagari dan desa," sebut gubernur. (rls)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama