Panen Padi, Masyarakat Nagari Tanjung Syukuran


 Bupati Tanah Datar  sapa warga saat hadiri syukuran di Nagari Tanjung


BATUSANGKAR-Petani di Nagari Tanjung, Kecamatan Sungayang menggelar syukuran serta makan bersama. Hal itu dilakukan setelah selesai panen padi dan kembali turun ke sawah, Minggu (26/12/2021). 

Syukuran itu dihadiri Bupati Eka Putra, anggota DPRD Khairul Abdi, Kadis Pertanian Yulfiardi, camat, Forkopimca, Wali Nagari Tanjung Faze Andrif, wali nagari se-Kecamatan Sungayang, wali jorong, serta masyarakat setempat. 

Wali Nagari Tanjung  Faze Andrif menyampaikan  setelah panen padi  masyarakat menggelar makan dan doa bersama sebagai bentuk rasa syukur setelah selesai masa panen dan  sekaligus menyambut musim tanam. 

"Acara ini merupakan acara turun temurun dalam bentuk rasa syukur dengan doa bersama setelah selesai panen, dan akan memulai masa tanam, untuk itu merupakan suatu kebanggaan bagi kami masyarakat Nagari Tanjung dengan hadirnya bapak bupati kita Pak Eka Putra," kata Faze Andrif. 

Ke depannya, diharapkan perhatian pemerintah daerah tetap berlanjut kepada petani melalui berbagai program. wali Nagari Faze mewakili suara masyarakat menyampaikan harapan perbaikan jembatan yang berada sebelum Pasar Jumat nagari tanjung karena sudah dimakan masa dan juga kecil sulit untuk kendaraan berpapasan.  

Bupati Eka Putra merasa bangga dengan syukuran dan makan bersama yang merupakan bagian tradisi Nagari Tanjung usai panen.   Pemerintah daerah akan terus mendukung petani. "Insya Allah awal 2022 program bajak gratis sudah bisa dilaksanakan, yang bertujuan untuk meringankan beban petani dalam memulai masa tanam sawah, semoga tahun depan panen akan menjadi lebih baik dan  kerukunan tetap terjaga," kata bupati yang dikutip dari Prokopim.

Sehubungan dengan jembatan, menurut  bupati, untuk pengerjaan jembatan Tanjung 2022 akan diganti dan dimulai pembangunannya dengan biaya Rp5,6 miliar. "Saya harapkan  dukungan dari masyarakat untuk terlaksana pembangunan dengan lancar, aman dan sesuai harapan kita bersama," katanya. (*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama