Pemkab Kerja Sama dengan BPJS, Warga Tanah Datar tak Boleh Ditolak Berobat


 Pemkab Tanah Datar jalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan

BATUSANGKAR-Bupati Tanah Datar, Eka Putra dan BPJS tandatangani kerjasama (MoU) pelaksanaan program jaminan kesehatan nasional di Gedung Indojolito Batusangkar, Selasa (28/12/2021). 

Turut hadir dalam penandatanganan itu, asisten, Kepala Dinas Kesehatan Yesrita Zedrianis,  Kepala BPJS Cabang Payakumbuh Febri Yanti dan OPD terkait lainnya. 

Bupati Eka Putra mengatakan, kerjasama ini dimaksudkan sebagai dasar pelaksanaan program jaminan kesehatan nasional untuk penduduk miskin di Tanah Datar  yang telah didaftarkan. Dengan tujuan memberikan pelayanan kesehatan kepada penduduk miskin yang telah didaftarkan melalui PBI. 

"Berlanjutnya MoU dengan BPJS Kesehatan merupakan bentuk perhatian pemkab terhadap pelayanan kesehatan masyarakat, dan hal ini merupakan kewajiban pemkab," kata bupati yang dikutip dari Prokopim. 

Saat ini, masyarakat Tanah Datar telah mendapatkan jaminan kesehatan 374.431 jiwa (81,43 persen) dalam bentuk jaminan APBN.  Bupati berharap, kepada OPD terkait segera menindaklanjuti kesepakatan bersama ini dengan memenuhi kewajiban masing masing pihak sehingga bisa memberikan pelayanan kesehatan lebih baik. 

Perihal sempat terputusnya kerja sama BPJS dengan beberapa fasilitas kesehatan di Tanah Datar akibat tunggakan dari BPJS, itupun disebabkan adanya pandemi Covid-19. Bupati berharap kepada BPJS  untuk tidak terulang lagi hal semacam itu. 

"Saya berharap  kepada BPJS kesehatan untuk membayarkan pembiayaan kesehatan dengan tepat waktu, sehingga dapat menjamin ketersediaan dana untuk operasional pelayanan kesehatan di rumah sakit dan puskesmas," pinta bupati.  

Bupati berharap, pemkab dengan BPJS kesehatan untuk kedepannya dengan adanya kesepakatan ini dapat ditindaklanjuti dengan menerapkan pola sisten global budget atau pembiayaan di bayar di awal tahun. 

Bupati tegaskan setelah ditandatanganinya MoU ini, tidak ada alasan lagi bagi BPJS untuk menolak masyarakat dalam menerima pelayanan baik di RSUD maupun puskesmas. 

Kepala BPJS Kesehatan Payakumbuh  Febri Yanti sampaikan, terimakasih kepada Pemkab Tanah Datar yang sudah mempercayakan PBI kepada kami."Kami siap mendukung upaya pemkab untuk  bersinergi dengan  BPJS kesehatan  dan kami harapkan  koordinasi dan sinergi untuk  tetap berjalan dengan baik," kata Febri.  

Mulai pertengahan 2021 lalu BPJS kesehatan sudah menerapkan pola sisten global budget atau pembiayaan di bayar di awal tahun, dengan tujuan faskes-faskes yang bisa berjalan dengan baik. (rls)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama