Pemkab Tanah Datar Bantu 3.700 Pelaku UMKM


 Penerima bantuan foto bersama dengan bupati. (prokopim)


BATUSANGKAR-Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bantu ribuan pengusaha yang terdampak pandemi Covid-19. Wabah yang melanda sejak 2020 dirasakan berat oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Pemkab membantu meringankan dampak itu. Bupati Tanah Datar Eka Putra serahkan bantuan modal usaha bagi UMKM, Kamis (23/12/2021) di gazebo Indojolito Batusangkar. 

Dikatakan Eka, bantuan perlu dilakukan dalam rangka percepatan pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah, khususnya Tanah Datar. 

"Langkah ini kita lakukan sebagai langkah membantu UMKM yang terdampak pandemi Covid-19, dengan memberikan bantuan modal usaha, kita berharap UMKM bisa bertahan dan berkembang kembali," ujarnya yang dikutip dari prokopim.

 Bupati Eka menambahkan, bantuan yang diberikan kepada 3.700 pelaku usaha dengan total bantuan senilai Rp4.862.500.000. 

"Besaran bantuan diberikan beragam, maksimal Rp2 juta per pelaku usaha mikro. Dari total bantuan Rp80 juta diberikan berupa bantuan peralatan penunjang usaha," tambahnya. 

Eka menekankan dalam pemberian bantuan modal usaha tidak ada pemotongan, karena itu Pemerintah Daerah bekerjasama dengan Bank Nagari  Cabang Batusangkar untuk menyalurkannya. 

"Kalau ada pengurangan, silahkan lapor kepada Saya, karena bantuan ini diharapkan dapat membantu menggerakkan roda perekonomian. Karena itu, diharapkan Bapak Ibu penerima bantuan menggunakan bantuan hanya untuk pengembangan usahanya," tukasnya. 

Kepala Dinas Koperindag Darfizal mengatakan, kegiatan ini bertujuan mendukung Program Unggulan Tanah Datar 2021. 

"Tujuan bantuan ini adalah turut menyukseskan salah satu progul poin pertama berbunyi menciptakan usahawan baru dan lapangan kerja per tahun," katanya.  (*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama