Penegakan Hukum Jadi Faktor Penting Dukung Visi Indonesia Emas

 Gubernur beri sambutan


PADANG-Penegakan hukum sesuai konstitusi menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung visi Indonesia Emas 2045 seperti yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

"Presiden menyebut pada 2045 terbentang peluang besar bagi Indonesia untuk menjadi lima negara besar dunia. Salah satu faktor pendukungnya adalah generasi muda saat ini, termasuk para penegak hukum yang masih dalam pendidikan dan pembentukan saat ini," kata Gubernur Mahyeldi saat memberikan pengarahan pada siswa PPPJ angkatan 78 kelas III Sumbar di Padang, Sabtu (4/12/2021).

Ia mengatakan dengan adanya jaminan kepastian dan penegakan hukum dengan aparatur yang ideal, maka semua lini akan bisa berkembang secara maksimal.

Investasi umpamanya, membutuhkan kepastian hukum demikian juga hal lain yang berkaitan dengan sosial ekonomi kemasyarakatan. Karena itu aparatur penegak hukum yang mumpuni sangat dibutuhkan.

Apalagi dalam kondisi saat ini, banyak kendala yang dihadapi yang bisa menggerus potensi generasi muda salah satunya narkoba. Data BNNP Sumbar hampir semua daerah di Sumbar telah masuk pengaruh buruk barang haram itu.

Jika tidak diatasi, maka visi Indonesia Emas 2045 bisa terganjal dan gagal. Yang bisa diharapkan untuk memperbaiki kondisi ini adalah para penegak hukum termasuk jaksa. "Karena itu, bagi peserta pelatihan diharapkan benar-benar bisa menyerap ilmu, pengetahuan dan prinsip jaksa yang ideal selama pelatihan guna menyumbangkan kemampuan untuk menggapai visi Indonesia Emas," katanya.

Kepala Kejaksaan Tinggi Anwaruddin Sulistiyono mengatakan, siswa PPPJ angkatan 78 berjumlah 33 orang. Mereka adalah bagian 390 orang yang mendapatkan pelatihan yang sama se Indonesia. 

Pada 2020, pelatihan diberikan murni daring karena kondisi pandemi, tapi pada 2021 dilakukan kombinasi daring dan tatap muka langsung guna meningkatkan kapasitas, kualitas dan jiwa korsa supaya menjadi jaksa yang ideal.  (BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama