RSUD Padang Panjang Hadirkan Suasana Hotel Berbintang


 Ruang tunggu RSUD Padang Panjang


PADANG PANJANG–Suasana rumah sakit yang kebanyakan terkesan suram dan membosankan, berbeda dengan gambaran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Panjang kekinian. Ruang tunggu poliklinik dan lobi disulap bak hotel berbintang.
 

Hal iti dibuat demi meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi pasien maupun keluarga pasien, RSUD telah lakukan pembenahan existing fisik.

Direktur RSUD, Lila Yanwar mengatakan, lembaga yang ia pimpin melakukan pembenahan pada tata interior lobi dan ruang tunggu poliklinik.

Lila juga menyampaikan, pembenahan ini dipicu dari penumpukan pasien di ruang tunggu poliklinik dan juga memperhatikan dari segi estetika.

“Dua hal ini yang mendorong kita untuk melakukan pembenahan. Meningkatnya jumlah pasien tentu akan menyebabkan penumpukan. Penumpukan inipun akan menimbulkan kemungkinan penularan Covid-19. Dari segi estika, kita ingin memberikan pelayanan suasana yang indah dan nyaman bagi pasien, layaknya interior hotel berbintang,” sebutnya yang dikutip dari Kominfo, Sabtu (25/12/2021).

Lanjutnya, pembenahan ini dimulai dengan mendesain bagian dinding ruangan dengan menambah lighting dan LCD informasi, mengganti kursi ruang tunggu, dan penambahan kursi di bagian luar dengan tetap memenuhi standar akreditasi.

“Tidak hanya indoor, outdoor juga kita benahi.  Sekarang lagi persiapan membuat kanopi di bagian luar, serta mempercantik taman RSUD yang nanti juga difungsikan sebagai area tunggu bagi pasien,” ucapnya.

Lila menyebutkan, dari segi pelayanan, pihaknya juga akan mempercepat layanan agar pasien yang melakukan pendaftaran tidak terlalu menumpuk. Ini sesuai dengan program inovasi RSUD, yaitu satu jam saja.

Untuk tahap selanjutnya,  sebutnya, pembenahan interior akan dilanjutkan ke ruangan rawat dan lorong ruang rawatan. RSUD juga akan membangun pujasera bagi pasien dan keluarga pasien dengan menyediakan makan dan minuman sehat.

Sepanjang 2021, katanya, ada beberapa layanan yang ditingkatkan. Selain pelayanan poliklinik, untuk emergency RSUD sudah mempunyai dua unit layanan khusus ICU Covid-19, kamar operasi khusus Covid-19, dan membuka VIP baru.

Untuk 2022, RSUD akan lakukan pengembangan layanan yang sudah mendapat anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan. Yaitu pengembangan gawat darurat neonatal, pengembangan layanan  tumbuh kembang anak.

Lalu, pengembagan rehabilitasi medik di rawatan pasien stroke, pengembangan poliklinik estetika (kecantikan), akupresure, dan juga mengembangkan unit-unit bisnis untuk menambah income RSUD.

Di samping itu, dalam segi mobilitas, RSUD juga akan menambah unit shuttle bus yang berfungsi sebagai transportasi antarjemput pasien. 

Tahun depan RSUD juga bekerja sama dengan perkumpulan pengendara ojek sebagai alternatif bagi masyarakat.

Dengan semua peningkatan pelayanan yang sudah dilakukan, Lila berharap, RSUD bisa menjadi pilihan utama bagi masyarakat dalam pelayanan kesehatan. (*)






Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama