Kapolda Riau Ziarah ke Makam Pendiri Pekanbaru


 Kapolda ziarah ke makam pendiri Kota Pekanbaru


PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal didampingi beberapa pejabat utama dan Kapolresta Pekanbaru ziarah di Makam Marhum Pekan yang merupakan pendiri Kota Pekanbaru. Ziarah di Masjid Raya, Jalan Senapelan, Kelurahan Kampung Bandar Senapelan,  Minggu (2/01/2022).

Komplek Makam Marhum Pekan merupakan komplek pemakaman dari pendiri Pekanbaru bersama keluarga dan kerabat dekatnya. Mereka yang dimakamkan di kawasan ini berasal dari keluarga Kerajaan Siak Sri Indrapura yang memerintah di Pekanbaru pada abad ke-18.

Ziarah dilakukan kapolda sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa almarhum serta mengenal kembali sejarah perjalanan para pendiri kota yang telah berjasa terhadap berdirinya Pekanbaru yang telah berkembang pesat hingga saat ini.

Juru kunci makam Marhum, Dadang Irham memberikan penjelasan sejarah panjang tentang makam Marhum Pekan kepada Kapolda Riau, yang selanjutnya melakukan tabur bunga dan doa bersama di Makam Marhum Pekan (Pendiri Kota Pekanbaru).

Kapolda M Iqbal mengatakan, tujuannya mendoakan almarhum yang telah berjasa dan menyambung bersilaturahmi untuk mendapatkan berkah dari Yang Maha Kuasa.

“Terimakasih banyak sudah merepotkan, niat saya ziarah tentunya mendoakan almarhum dan almarhumah yang telah berjasa dan mensiarkan Islam, khususnya di Pekanbaru dan Riau pada umumnya, dengan silaturahim, Insya Allah kita akan mendapatkan berkah Allah SWT,” ujar Iqbal, sapaan akrabnya.

“Saya tahun 2000 di sini, pada 2005 saya pendidikan, putra kedua saya lahir di (Pekanbaru) sini dengan nama Muhammad Sultan. Allah SWT membawa saya kesini mungkin saja atas doa-doa orang tua kita,” sambungnya.

Usai ziarah, kapolda beserta rombongan melaksanakan Shalat Dhuha di Mesjid Raya Pekanbaru dan bersilaturahim dengan Camat Senapelan, Lurah Kampung Bandar, tokoh masyarakat dan segenap pengurus masjid. (ES)










Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama