Malam Pembuktian Pratama Arhan


Pratama Arhan. (IG. PSSI)

DENPASAR-Pratama Arhan menjadi pembeda dalam laga Indonesia lawan Timor Leste. Dia mencetak satu gol, serta dua lembaran ke dalam yang ia lakukan juga berujung terciptanya gol.


Pasukan Shin Tae-yong meraih kemenangan pada laga uji coba FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Bali, Kamis (27/1/2022). Malam ini, Pratama Arhan jadi bintang, walau jasa pemain lain tak bisa dikesampingan.

Gol Pratama Arhan yang merupakan pemain PSIS Semarang itu membuat masyarakat pecinta bola bersorak. Aksi Pratama juga membangkitkan kepercayaan diri pemain.

Skuad Garuda menang telak dengan skor 4-1. Tim asuhan Shin Tae-yong tampil agresif dalam menekan pertahanan lawan. Sejak awal, Indonesia terus mengurung pertahanan Timor Leste. Peluang demi peluang terus diciptakan oleh skuad Garuda. Tapi, bola tak kunjung bersarang ke gawang Timor Leste. Justru, Timor Leste yang mengejutkan pertahanan Indonesia di menit 35. 

Asyik menyerang membuat pertahanan tim Merah Putih lengah. Serangan balik cepat dimanfaatkan betul Paulo Gali Freitas yang dengan cepat mengungguli Alfeandra Dewangga. 

Dia dengan tenang menaklukkan Syahrul Trisna Fadillah dan membawa Timor Leste unggul 1-0. Timor Leste bahkan hampir saja unggul 2-0 tepat jelang turun minum melalui titik putih. Sial, Mouzinho yang bertugas sebagai algojo gagal menunaikan tugasnya lantaran arah tembakannya berhasil dibaca oleh Syahrul yang dengan sempurna menepis bola tersebut.

Tertinggal, pelatih Shin Tae-yong melakukan perubahan di babak kedua. Juru taktik asal Korea Selatan itu langsung menarik tiga pemain tepat di awal babak kedua. Masuknya tiga pemain tersebut terbukti meningkatkan agresivitas dari skuad Garuda, terutama dari sisi sayap di mana Pratama Arhan turut andil dalam membantu serangan. Setelah menunggu cukup lama, Indonesia akhirnya bisa menyamakan kedudukan di menit 64.

Adalah Ricky Kambuaya yang membobol gawang Timor Leste sekaligus membangkitkan semangat tim Merah Putih untuk memenangkan pertandingan.  Benar saja, Pratama Arhan langsung unjuk gigi dengan berperan dalam tiga gol berikutnya. Di menit 73, ia mencetak gol dari titik putih setelah terjadi pelanggaran di kotak terlarang. 

Empat menit berselang, lemparan ke dalam yang jadi ciri khas Arhan kembali membuahkan gol bagi Indonesia. Lemparannya ke arah mulut gawang gagal ditepis dengan sempurna oleh kiper Georgino Mendonca dan justru masuk ke dalam gawang sendiri. Dan pada menit 80, umpan silang pemain PSIS Semarang itu lagi-lagi salah diantisipasi oleh pemain bertahan Timor Leste yang lagi-lagi membuahkan gol bunuh diri. (*/viva)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama