Mengenal Darmawel Aswar, Alumni Fakultas Hukum Unand dengan Segudang Pengalaman Nasional dan Internasional


Darmawel Aswar bersama istri

PADANG-Darmawel Aswar, putra kelahiran Pariaman 25 November 1966 merupakan salah satu alumni Fakultas Hukum Universitas Andalas yang dikenal luas di tingkat nasional maupun internasional, khususnya dalam bidang kerja sama luar negeri dan pemberantasan peredaran narkotika. 


Meskipun mengenyam pendidikan SD hingga SMA di Jakarta karena mengikuti orang tua, namun kecintaannya kepada kampung halaman diwujudkan dengan tekad menyambung kuliah di kampus kebanggaan ranah Minang, Fakultas Hukum Universitas Andalas pada 1985 sebagai siswa undangan atau PMDK dan berhasil menamatkan kuliah dengan prestasi membanggakan sebagai lulusan terbaik. 

Kecintaan yang bersangkutan terhadap ilmu pengetahuan dilanjutkan dengan menyambung megister di Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan sekarang sedang menempuh pendidikan program doktor pada Universitas Dipenogoro Semarang. 

Karir Darmawel sekarang dipercaya sebagai Direktur Narkotika pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Kajaksaan Agung yang merupakan jabatan eselon tertinggi saat ini yang dipegang alumni kampus merah di korp adhyaksa bersama dengan Dr. Firdaus Dewilmar selaku Inspektur di bidang pengawasan setelah Aditiawarman, sekaligus ketua IKA FH Unand mengakhiri karir sebagai Sekretaris Jaksa Agung Muda Pengawasan Kejaksaan Agung akhir Desember 2021. 

Karir tinggi yang dijabat pria berpenampilan sederhana dan low profile yang menunjukkan kecintaannya pada ranah Minang dan dengan menyunting adik kelas di kampus bernama Syamsi Syahrial, angkatan 1986 anak almarhumah Nurazima guru SMA 1 Padang, telah terlihat sejak Darmawel dipercaya menjadi Atase Kejaksaan di Thailand.

Selanjunya berturut-turut Kepala Kejaksaan Negeri Bangko di Jambi, Direktur Hukum Badan Narkotika Nasional, Kepala Biro Hukum dan Hubungan Luar Negeri Kejaksaan Agung, Kepala Kejaksaan Tinggi pertama di Sulawesi Barat dan sekarang menjadi Direktur Narkoba Kejaksaan Agung yang semua tentu tidak diraih dengan gampang apalagi bisa bertahan meski pucuk kepemimpinan di kejaksaan berganti. 

Di kalangan internal, Darmawel memang diakui sebagai pekerja ulet, bertanggungjawab, berintegritas dan penuh inovasi apalagi terkait masalah narkotika dan hubungan luar negeri yang dapat dilihat rekam jejak bersangkutan secara digital selama menjalani jabatan yang diemban baik nasional atau pun internasional. 

Berdasarkan dokumen internal kejaksaan, Darmawel tercatat sebagai alumni beberapa pelatihan tingkat internasional berupa IASTP (Indonesia Australia Spesialize Training Program), ILEA (International Law Enforcement Academy), JCLEC (Jakarta Centre for Law Enforcement Cooperation), OPDAT (Office of Overseas Prosecutorial Development Assistance and Training), JICA (Japan International Cooperation Agency) Jepang, dan UNAFEI (United Nation Asia and Far East Institute for the Prevention of Crime and the Treatment of Offenders) Jepang begitu juga sebagai mentor untuk public speaking dari Amerika, rangking pertama PIM III, 10 Besar PIM II menyelesaikan  pendidikan PIM I Tingkat Nasional di Lembaga Administrasi Negara. 

Di samping menjadi peserta pelatihan, pendidikan dan seminar baik di dalam negeri maupun luar negeri seperti Australia, Jepang, Amerika, Eropa, Malaysia, Singapura, Thailand dll, Darmawel juga tercatat sebagai nara sumber dalam pelatihan, seminar dan diklat di dalam negeri antara lain Kejaksaan seluruh Indonesia, BNN diseluruh Indonesia, Kanwil Kumham, dan instansi lainnya.

Di bidang organisasi dan kemasyarakatan Darmawel selain dipercaya sebagai ketua alumni angkatan 85 FH Unand juga tercatat pernah sebagai Wakil Ketua IKA Paris, Ketua IKA FH Unand Jambi, Ketua Umum Ikatan Keluarga Minang Bangko Jambi, Ketua Ikatan Keluarga Minang Sulawesi Barat. 

Darmawel dikenal teman, kolega dan yunior sesama jaksa dari ranah Minang sebagai jaksa yang peduli sesama apalagi dari ranah minang baik dalam hal mendorong yunior untuk maju termasuk jaksa yang pernah ke luar negeri dan bertugas di jajaran Badan Narkotika Nasional tidak lepas dari dorongannya yang pernah memegang posisi tertinggi baik di Biro Hukum dan Hubungan Luar Negeri Kejaksaan Agung RI maupun Direktur Narkotika BNN seperti pernah dirasakan Dr. Prima Mairiza Asdatun Kejati Sumut, Basril SH.MH Koordinator Kejati Sumbar, Satria Ika Putra SH.MH Kepala Badan Narkotika Kota Tanggerang, Yulitaria SH.MH Kajari Purwakarta, Dr. Mukhlish Kajari Loksemawe, Feritas Dt Tunnijo mantan Kajari Buktittinggi dan lainnya. 

Di bidang sosial, pria yang sering menyelingi penyampaiannya di berbagai forum pertemuan dengan nilai nilai agama sebagai ciri khas orang minang juga dikenal selalu tidak pernah ketinggalan berpartisipasi dalam kegiatan sosial baik kalangan internal sesama jaksa dari minang seperti program menyediakan makanan jumat berkah di mesjid kejaksaan agung, membantu anggota jaksa dari minang yang tertimpa musibah, maupun bencana alam nasional dan selalu tidak mau namanya dimunculkan seperti disampaikan  Dr. Erianto yang sering ditunjuk sebagai penggalang dana sosial yang sekarang menjadi koordinator di Kalimantan Tengah.

 Terkait akan diadakannya musyawarah besar yang dilakukan alumni Fakultas Hukum Universitas Andalas pada 26 Februari 2022 ini Darmawel berharap ada perubahan kepada yang lebih baik pada IKA FH Unand mendatang. Langkah langkah luar biasa yang sudah dilakukan oleh pendahulu sebelumnya perlu dilanjutkan dengan menekankan adanya sinergitas yang kuat antara sesama alumni untuk kejayaan FH Unand dengan melakukan langkah-angkah berupa pertama, pemberdayaan dan penguatan potensi alumni.

"Kedua, pertemuan rutin dan insidentil alumni antar angkatan untuk melakukan program dan kendala yang dihadapi dan langkah seterusnya sehingga IKA FH Unand ke depan dapat menjadi pilar kekuatan kampus dalam mendorong, memotivasi bagi yang muda sehingga akan terlihat peran para alumni di generasi tua maupun muda seperti yang dilakukan Iluni Universitas Indonesia dan lainnya yang tentu semua harus kita mulai dengan niat yang tulus dan ikhlas diiringi kegiatan yang terencana dan terorganisir dengan baik," kata Darmawel menutup pembicaraan melalui saluran telepon. (ed)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama