Polda Jateng Siapkan Manajemen Kontijensi Antisipasi Omicron


 Kabid Humas Polda Jateng, Kombes M Iqbal Alqudusy


SEMARANG - Polda Jateng telah bersiap mengantisipasi masuknya Covid-19 varian baru omnicron. Pola penanganan yang dilakukan tetap sama seperti saat menangani kasus varian delta tahun lalu.

Kabid Humas Polda Kombes M Iqbal Alqudusy mengatakan, dalam mengantisipasi varian omnicron Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi  memberikan kebijakan agar memaksimalkan vaksinasi.  Kemudian terus mengimbau agar taat protokol kesehatan.

"Kami terus melakukan akselerasi vaksinasi, serta sejumlah langkah lain termasuk himbauan agar masyarakat taat prokes," kata Kabid Humas, Senin (10/1/2022).

Menurutnya saat ini tempat karantina telah disediakan di setiap kota/Kabupaten. Berdasarkan data,  sejauh ini belum ditemukan kasus Omnicron di Jateng. "Tapi tidak menutup kemungkinan varian ini masuk Jateng. Jadi perlu antisipasi," ujarnya.

Menurutnya, jika varian omnicron menyebar di Jawa Tengah cara bertindak yang dilakukan masih tetap sama. Polda akan menerapkan managemen Kontijensi seperti saat menangani lonjakan kasus varian Delta di Kudus.

"Belajar dari pengalaman yang ada, manajemen kontijensi sangat efektif menangani penyebaran covid seperti kasus varian Delta di Kudus," tuturnya.

Ia menuturkan, polda mempunyai track record yang panjang dalam  menangani Covid-19. Pihaknya berharap varian omnicron tidak menyebar di Jateng.

Kunci terpenting dalam penanganan pandemi, menurutnya, adalah sinergitas semua lini termasuk kesadaran masyarakat. "Saya imbau masyarakat waspada dan taat prokes. Segera lakukan vaksinasi bagi warga yang belum divaksin. Dari informasi yang ada, varian Omicron sangat mudah menular," tandasnya. (SAS)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama