Usaha Kreatif di Pariaman, Jantung Pisang dan Daun Singkong Jadi Dendeng


 Proses pembuatan dendeng dari sayuran. (humas) 


PARIAMAN-Jantung pisang ternyata bisa dijadikan dendeng. Jantung pisang itu bernilai ekonomi tinggi dan dapat pula membuka lapangan kerja.

Dendeng jantung pisang itu dibuat Murniati dari Desa Sungai Sirah, Kecamatan Pariaman Timur. Murniati menceritakan, usaha pembuatan dendeng jantung pisang yang ia lakoni, dimulai awal 2021 dan berlanjut sampai sekarang.

Awalnya, dia berpikir memanfaatkan jantung pisang yang banyak berada di kebunnya untuk mempunyai nilai tambah dan nilai jual. 

"Jantung pisang ini sering terbuang dan jarang orang yang mengkonsumsinya, karena itu saya mulai berpikir untuk membuat dendeng ini. Alhamdulillah, setelah dibuat ternyata banyak teman dan kolega yang suka dan pesan, sehingga saya terus lakukan produksi setiap hari sampai saat ini," ujarnya yang dikutip dari laman pemerintah kota Pariaman.

Murniati yang juga kader PKK dan anggota KWT (Kelompok Wanita Tani) di desanya ini, juga memanfaatkan teknologi dengan menjualnya di media sosial. Bahkan ada beberapa pesanan yang berasal dari luar kota.  Dia pernah mendapatkan pesanan dari Bengkulu.

Lain halnya dengan Yeni yang kesehariannya berprofesi sebagai guru. Dia membuat dendeng daun singkong ini. Dia mengawali usaha itu ketika menghadiri sebuah bazar. Dia melihat ada dendeng daun singkong yang dijual di sana.

"Mulai dari situ, saya penasaran untuk membuat sendiri, dan setelah beberapa kali percobaan, akhirnya saya bisa membuat produk dendeng daun singkong dan kegiatan ini telah dilakukan sejak dua tahun belakangan," tuturnya.

Ia berharap, produk dendeng berbahan daun singkong ini dapat menjadi manfaat bagi masyarakat yang mencari makanan sehat, dan itu juga konsep dari dendeng sayuran yang dibuat memberikan solusi untuk orang yang tak bisa makan daging.

Murniati dan Yeni menjelaskan, dalam pembuatan produk dan kemasan, mereka juga dibantu pengurus PKK Kota Pariaman melalui pokja (kelompok kerja) II-nya, dan juga pendampingan dari Dinas Perindagkop dan UKM (Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah) dalam pembuatan desain dan kemasan agar lebih menarik.

Sekretaris Dinas Perindagkop dan UKM Alyendra mengungkapkan, ternyata dendeng tidak hanya dari daging sapi, tetapi juga bisa dibuat dari sayuran, seperti daun singkong dan jantung pisang. (*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama