Gedung Bappeda Riau Terbakar, Diduga Disengaja


Asap muncul di gedung Bappeda Riau

PEKANBARU-Api nyaris menghanguskan gedung Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Riau di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Selasa (1/2/2022) sore. 

Gedung yang berfungsi sebagai tempat merencanakan pembangunan di Bumi Lancang Kuning itu diduga ada sengaja membakarnya. Kapolresta Kombes Pria Budi membenarkan dugaan sengaja dibakar tersebut ketika diwawancarai wartawan. 

"Kejadian kebakaran sekitar 15.15. Indikasinya sengaja dibakar seseorang," ujar Budi. 

Pelaku diduga membakar sofa di lantai dua. Hal itu menyebabkan asap hitam mengepul di dalam dan di luar gedung. "Yang dibakar adalah satu sofa. Pelaku teridentifikasi. Pelaku membawa senjata tajam. Motifnya sedang kami dalami," ujar Budi yang dikutip dari kompas.com.

Saat ditanya apakah pelaku orang yang bekerja di Bappeda Riau atau dari pihak luar, Budi menyatakan pihaknya masih akan mendalami. "Masih kami dalami, identitasnya kami sudah tahu. Mudah-mudahan dalam waktu dekat kami bisa menangkapnya. Dari saksi keterangan satu orang," kata Budi.   

Pada saat kejadian kebakaran, lima unit mobil pemadam kebakaran Pekanbaru dikerahkan ke lokasi. Petugas berusaha memadamkan api agar tidak makin membesar. Setelah berjibaku, petugas dapat memadamkan api. Petugas kepolisian selanjutnya memasang garis polisi untuk menyelidiki penyebab kebakaran itu.

Kapolsekta Pekanbaru Kota, Kompol  Josina Lambiombir dalam keterangan tertulis menyebutkan, sejumlah saksi telah diperiksa dalam kebakaran tersebut.

Menurut saksi, tiba-tiba datang pelaku menggunakan mobil dan pelaku keluar dari mobil  memecahkan pintu kaca depan kantor  dan pelaku terjatuh.

Selanjutnya pelaku masuk dengan membawa kantong plastik dan benda tumpul berupa palu,  kemudian pelaku langsung masuk ke dalam ruangan kantor serta mengancam security dengan benda di tangannya. 

Selanjutnya pelaku memasuki ruangan kepegawaian selanjutnya menyiram cairan dalam plastik yang diduga minyak di ruangan tersebut, dan membakarnya dengan korek api, sehingga terjadi kebakaran di dalam ruangan, selanjutnya pelaku melarikan diri.

Pada pukul 14.45, lima unit mobil pemadam kebakaran datang dan melakukan pemadaman. Pukul 15.20 api dapat dipadamkan. Atas kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dan kerugian materil belum dapat ditaksir. Kasus ditangani Sat Reskrim Polresta Pekanbaru. (ES)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama