Pemkab Dharmasraya Siapkan 30 Ruang Isolasi

 Gedung RSUD Sungai Dareh. (kominfo)


DHARMASRAYA-Pemkab Dharmasraya siapkan ruang isolasi dan perawatan di rumah sakit untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron yang sedang diwaspadai penyebarannya.


"Kita menyiapkan ruang isolasi dan perawatan di RSUD Sungai Dareh 20 kamar dan RSUD Sungai Rumbai 10 kamar," Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya Harry Pom Satria yang dikutip dari Kominfo.

Langkah antisipasi dilakukan setelah adanya instruksi dari pimpinan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, pemerintah melalui Dinas Kesehatan lansung bergerak cepat dengan menggelar rapat koordinasi bersama pihak manajemen RSUD guna menentukan langkah ke depan. 

Antisipasi tersebut sebagai upaya pemerintah dalam menghadapi apabila terjadi lonjakan kasus. Selain ruang isolasi pemerintah juga menjamin ketersediaan oksigen, obat-obatan, tenaga kesehatan dan pendukung lainnya. 

"Sebenarnya kita tidak berharap terjadi penyebaran yang signifikan, numun apabila terjadi obat, oksigen, dan nakes kita sudah siap menghadapi lonjakan kasus corona," katanya.

Kepala dinas menjelaskan, ketersediaan ruangan tersebut diperuntukkan bagi pasien Covid-19 denga kondisi berat serta memiliki penyakit penyerta. Sementara dengan gejala ringan dibolehkan menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan tenaga kesehatan. 

Selain itu, langkah antisipasi penyebaran, pemkab juga telah memulai pelaksanaan vaksinasi tahap ketiga atau booster mulai Senin (7/2/2022). Hal itu dilakukan sebagai penguat imunitas masyarakat untuk mengantisipasi ancaman penularan Omicron.  (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama