Polda Papua Adakan Bimbingan Teknis Rastra Samara

 Pembukaan bimbingan teknis



JAYAPURA-Polda Papua adakan bimbingan teknis  Operasi Rastra Samara Kasih Cartenz 2022, Kamis (3/2/2022) di Hotel Mercure Jayapura.

Kegiatan tersebut mengusung tema melalui bimtek pelatihan pra operasi Rasaka Cartenz 2022 kita tingkatkan profesionalisme personel Polda Papua dalam pengamanan kewilayahan di Provinsi Papua.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolda Papua Brigjen Eko Rudi Sudarto Karo Ops Polda I Ketut Gede Wijatmika, para PJU dan kapolres jajaran.

Wakapolda Papua mengatakan, untuk menyelesaikan persoalan di tanah Papua menggunakan strategi komunikasi dan dialog inklusif, politik dan tata kelola pemerintahan yang baik dan koordinasi dan kolaborasi dengan menggunakan model. 

Penjaga bangsa dengan kasih di tanah Papua Operasi Kepolisian Rasaka Cartenz mengambil dari bahasa Sansekerta, Rasaka (Rasta Samara Kasih) Cartenz yang secara harfiah memiliki arti; rastra: bangsa, samara: penjaga dan kasih yang memiliki arti rasa memiliki dan menyayangi, bagaimana memberikan yang terbaik untuk orang lain.

Sedangkan Cartenz diambil dari gunung yang memiliki puncak tertinggi di Indonesia dan berada di Papua. Secara filosofi Rastra Samara Kasih Cartenz adalah penjaga bangsa dengan kasih di tanah Papua.

Polri memerlukan pendekatan strategis dalam menciptakan rasa aman bagi masyarakat Papua. Peranan polri menggunakan dua model pemolisian democratic policing dan community policing, sehingga membutuhkan variasi khusus sesuai dengan situasi dan kondisi masyarakat di Papua yang khas. (farid)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama