Si Tikam Polisi Noken akan Tayang Perdana

Kabid Humas Polda Papua


JAYAPURA-Film yang diproduksi Polda Papua berjudul Si Tikam Polisi Noken akan tayang perdana pada 10 Februari 2022 serentak di bioskop seluruh Indonesia.


Film Si Tikam Polisi Noken ini diangkat dari kisah nyata saat perang suku di Papua yang diselesaikan dengan mengedepankan polisi dari putra asli pegunungan tengah Papua yang saat itu menjadi moderator dalam perang suku tersebut yang akhirnya permasalahan tersebut diselesaikan dengan patah panah alias perdamaian.

Film ini di garap selama dua tahunan dengan melibatkan pemain lokal dan sejumlah personel polisi dengan mengedepankan tahapan casting untuk mendapatkan hasil maksimal.

Salah satu tujuan film ini, mempromosikan budaya Papua, khususnya yang ada di pegunungan yang dikelilingi hutan dan lembah, serta adat istiadat yang begitu unik dan mengangkat anak-anak dan generasi muda Papua untuk maju dan menggali potensi yang ada pada diri sendiri dengan menjadi abdi negara.

Film ini untuk mengangkat sinergitas TNI dan polri dalam perjuangannya menyelesaikan beberapa permasalahan di Papua.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Musthafa Kamal, Sabtu (5/2/2022) di Jayapura menyebutkan, pada intinya film ini memberikan gambaran kepada masyarakat di Papua maupun di luar Papua tentang permasalahan yang sering terjadi perang suku karena ketidakpahaman masyarakat tentang permasalahan yang dihadapi. 

Penyelesaian masalah suatu tindak pidana tidak hanya dilakukan melalui peradilan formal. Di Papua penyelesaian suatu tindak pidana masih sering dilakukan dengan peradilan restoratif atau restorative justive melalui peradilan adat. (farid)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama