Taluak Sikulo akan Jadi Destinasi Wisata Andalan Sumbar


 Gubernur tinjau lokasi wisata Taluak Sikulo. (dinas kominfotik sumbar)


PADANG-Pantai Taluak Sikulo yang terletak di Pesisir Selatan, Sumatera Barat, ternyata jadi destinasi favorit bagi warga Riau. Tiap akhir pekan, kawasan itu penuh dengan wisatawan.


Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, Minggu (13/2/2022) mengunjungi objek wisata yang sedang itu. Pesona pantai yang menjadi spot selfie favorit para milenial ini. Lokasi itu, disebut gubernur memiliki potensi besar menjadi wisata andalan Sumbar. 

Kondisi pantai yang dangkal dengan pasir putih halus dihiasi bukit-bukit yang cantik, serta air laut yang biru menjadi daya tarik objek yang berada wilayah Kecamatan Koto XI Tarusan ini. Ditambah lagi dengan dengan keberadaan batu karang yang disebut batu baajuang yang disebut mirip dengan suasana pantai di Bali. 

"Luar biasa potensinya untuk dikembangkan. Pantainya dangkal cocok untuk homestay terapung. Lahannya juga luas bisa untuk camping ground dan juga trabas. Ada perbukitan dan batu karangnya sehingga disebut wisatawan sebagai Bali-nya Sumbar," kata Mahyeldi. 

Gubernur berdialog dengan tokoh masyarakat pengelola kawasan Taluak Sikulo, Ujang Sahrul. Menurut Ujang, kunjungan wisatawan ke Taluak Sikulo hampir selalu ramai setiap hari, terlebih lagi pada akhir pekan. Umumnya berasal dari luar Sumbar seperti Pasir Pangaraian, Teluk Kuantan dan Lipat Kain, Riau. 

Ujang Sahrul mengaku siap mendukung jika ada rencana pembangunan atau investor yang ingin mengembangkan kawasan wisata yang juga bersebelahan dengan Pantai Batu Kalang ini. 

"Kalau ada pembangunan di sini oleh pemerintah kami sangat mendukung dan tidak akan menghambat, sebab pembangunan akan meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Ujang. Dia mengaku sudah mengelola kawasan tersebut secara turun temurun. 

Gubernur menyambut positif dukungan tersebut. Dukungan masyarakat akan mempercepat laju pembangunan daerah.  Berbagai pembangunan infrastruktur, menurut Mahyeldi, baik yang sedang maupun dalam perencanaan, akan mendukung akses pariwisata Sumbar. Di antaranya pembangunan akses jalan Alahan Panjang-Bayang yang mendekatkan akses dari timur ke selatan. (*) 



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama