Kampus UNP di Payakumbuh Segera Terwujud

 

Rektor Ganefri dan Wali Kota Payakumbuh


PAYAKUMBUH-Pembangunan kampus Universitas Negeri Padang (UNP) di Payakumbuh segera terwujud. Hal tersebut diungkapkan Rektor UNP Prof. Ganefri saat berkunjung ke Balai Kota, Rabu (9/3/2022).


"Insya Allah, tahun ini sebelum masa jabatan Pak Riza berakhir, kita akan letakkan batu pertama untuk pembangunan kampus di Payakumbuh," kata rektor.

Ganefri mengungkapkan, saat ini UNP merupakan universitas terbesar di Sumatera, dengan jumlah mahasiswa 46 ribu. Kebanyakan mahasiswa berasal dari Luak Limo Puluah. Alangkah baiknya pembangunan kampus UNP di Payakumbuh dipercepat.

"Tentu ini sebuah keuntungan bagi kita, nantinya anak-anak kita di sekitar Luak Limo Puluah ini bisa berkuliah di sini. Kita mohon dukungan dari masyarakat agar kampus UNP ini secepatnya bisa berdiri di Padang Kaduduak," ucapnya.

Putra Lua Limo Puluah ini juga menyebut, dari 11 ribu mahasiswa yang diterima setiap tahunnya, 2.200 di antaranya, UNP memberikan beasiswa untuk mahasiswa yang kemampuan ekonominya kurang baik, tapi memiliki prestasi akademik yang bagus.

"Jadi tidak ada alasan lagi bagi anak kemenakan kita untuk tidak melanjutkan sekolahnya. Selain kuliah gratis pemerintah juga memberikan biaya hidup Rp700 ribu perbulannya," ucapnya.

Wali Kota Riza Falepi mengucapkan terimakasih kepada Rektor UNP Prof. Ganefri atas niat baiknya untuk membangun kampus UNP di Payakumbuh.

"Kami atas nama pemerintah daerah sangat menyambut baik dan mendukung serta berterimakasih sekali atas niat dari Pak Rektor untuk mendirikan kampus UNP di sini," kata Riza Falepi.

Wali kota menyebut, di kampus UNP Payakumbuh nantinya akan ada jurusan kuliner minang serta tidak tertutup kemungkinan, akan ada jurusan lainnya untuk mahasiswa yang akan berkuliah di Payakumbuh.

"Harapan kita kalau bisa dikembangkan juga untuk jurusan pariwisata. Tapi apapun jurusannya, tentu beliau lebih tau apa yang cocok disini nantinya," ucapnya.(AA)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama