Sampaikan LKPJ ke DPRD Padang, Wali Kota Berharap Masukan


Wali Kota Padang bacakan LKPJ di paripurna DPRD


PADANG-Penyampaian laporan pertanggung jawaban wali kota ke DPRD merupakan agenda tahunan pemerintahan daerah. Pertanggung jawaban it sebagai laporan atas apa yang dikerjakan pemerintahan dalam satu tahun anggaran.


Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) 2021 dalam rapat paripurna DPRD di ruang sidang utama, di gedung  dewan Jalan Sawahan Padang, Senin (21/3/2022).

Beda dengan paripurna sebelum-sebelumnya, yang mana kalangan OPD Pemko Padang banyak hadir secara virtual, namun kali ini, para kepala dinas dan pejabat pemko hadir ke gedung dewan.

Rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Padang Amril Amin. Paripurna diikuti anggota DPRD serta unsur Forkopimda serta kepala OPD dan stakeholder terkait baik secara langsung maupun melalui virtual.


Menyanyikan lagu kebangsaan


Padang Hendri Septa menyampaikan, LKPJ wali kota tersebut merupakan wujud nyata bentuk akuntabilitas publik dari penyelenggaraan pemerintahan oleh kepala daerah kepada DPRD sebagai lembaga resmi yang mewakili masyarakat.

LKPJ juga penting disampaikan sebagai bahan telaahan dan tanggapan berupa saran atau masukan untuk peningkatan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan yang lebih baik ke depan.

"Penyampaian LKPJ ini pada hakekatnya adalah laporan atau informasi tentang hasil dan capaian program kegiatan atas pemanfaatan keuangan daerah. Sebagaimana yang telah disepakati bersama antara pemerintah daerah dan DPRD," terang Hendri Septa.


Jajaran forkopimda ikut paripurna

“Tentunya hasil-hasil yang dicapai beserta persoalan yang dihadapi selama pelaksanaan tugas 2021 akan kita evaluasi secara bersama dan akan dijadikan masukan bagi pelaksanaan tugas untuk tahun yang akan datang,” kata wali kota.

Wali kota menyampaikan, secara umum penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di 2021 dapat berjalan baik dan lancar walaupun di tengah bencana pandemi Covid-19.

"Kita berharap pandemi ini betul-betul segera berlalu, sehingga penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di kota yang kita cintai ini senantiasa berjalan maksimal sesuai harapan," kata wali kota.

Usai disampaikan di paripurna, buku LKPJ Wali Kota Padang 2021 itu diserahkan pada kepada Wakil Ketua DPRD Amril Amin.



Anggota dewan ikuti paripurna


Amril Amin menyebutkan, setelah ini LKPJ tersebut akan dibahas dewan. Secara kelembagaan dewan akan membentuk panitia khusus guna membahas LKPJ tersebut. Nantinya masing-masing fraksi akan menyampaikan pandangan atas LKPJ Wali Kota Padang. (ADVERTORIAL)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama