Bangun Smart City, Pemko Payakumbuh Tandatangani Kesepakatan dengan Kemenkominfo

Asisten III Amriul Dt. Kirayiang tandatangani kesepakatan pembangunan smart city


PAYAKUMBUH- Wali Kota Payakumbuh bersama 50 bupati dan wali kota se Indonesia teken nota kesepakatan tentang implementasi gerakan menuju kota cerdas (smart city) yang dilaksanakan secara daring, Kamis (21/4/2022).


Kegiatan itu dihadiri wali kota yang diwakili Asisten III Amriul Dt. Kirayiang didampingi Kepala Bappeda Yasrizal, Kadiskominfo Junaidi, Kabag Pemerintahan Aplimadanar, Kabag Organisasi David Bachri, Sekretaris Kominfo Armein Busra berserta jajaran Diskominfo Payakumbuh.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, perkembangan teknologi memberikan ruang bagi tumbuh kembang sebuah kota untuk menjadi smart city. Namun ditengah perkembangan itu perlu dicermati bersama bahwa tidak semua kota bisa digolongkan sebagai kota cerdas.

"Sebuah kota itu bisa digolongkan smart city apabila kota tersebut mampu mendayagunakan data dan teknologi digital untuk membuat kebijakan dengan lebih baik dan memperbaiki kualitas hidup masyarakat nya," kata Menkominfo Johnny G. Plate.

Kementerian Kominfo terus berupaya untuk menumbuhkan lebih banyak lagi kota-kota cerdas di Indonesia. Melalui program tersebut Kemenkominfo akan selalu melakukan pendampingan intensif untuk mewujudkan smart city diseluruh kota di Indonesia. 

Menteri Johnny menyebut sampai saat ini sudah ada 191 dari 519 kabupaten/kota se Indonesia yang sudah tergabung dalam gerakan menuju smart city. "Di tahun ini kita akan melakukan pendampingan penyusunan master plan atau rencana induk smart city bagi 50 kabupaten/kota terpilih se Indonesia," ujarnya.

Menkominfo berharap dengan penanda tanganan nota kesepahaman ini menjadi simpul penguat kolaborasi bersama antara Kemenkominfo dan daerah dalam mewujudkan implementasi kota cerdas diseluruh Indonesia.

"Mari bersama-sama kita menjaga momentum sinergi ini, terus mendorong inovasi-inovasi terwujudnya Indonesia terkoneksi semakin digital semakin maju," ucapnya lagi.

Amriul mengatakan dengan adanya MoU ini diharapkan target-target pembangunan di Payakumbuh bisa selesai lebih cepat dan berjalan dengan efisien. "Mari bersama-sama kita wujudkan smart city di Payakumbuh," pungkasnya. (AA)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama