Bupati Sergai: Jadi CPNS tak Perlu Sogokan


 Bupati Dharma Wijaya beri arahan pada CPNS



SEI RAMPAH-Bupati Darma Wijaya berikan arahan dalam pembekalan pelaksanaan pelatihan dasar anggaran 2022 bagi CPNS di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sergai Tahun 2019, bertempat di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (11/4/2022).


Di hadapan 104 CPNS, bupati yang akrab disapa Bang Wiwiek ini menitipkan banyak pesan penting, terutama soal keinginan melakukan perubahan. Baginya, perubahan itu mesti didahului dari diri sendiri.

“Tanpa keinginan mengubah diri sendiri menjadi lebih baik, maka perubahan lain tidak akan terjadi. Saya juga berpesan agar kalian nantinya jangan jadi PNS yang cengeng. Berikan kinerja yang terbaik,” tegas Bang Wiwiek.

Bupati mengatakan, penerimaan CPNS saat ini murni karena menggunakan sistem computer assisted test (CAT). “Tidak ada lagi yang namanya beking atau uang sogokan dalam penerimaan CPNS. Yang diperlukan untuk lulus adalah kepintaran, ketekunan dan keinginan mau belajar,” ucapnya.

Dia meminta kepada para CPNS agar menjadi corong sosialisasi kepada masyarakat supaya tidak lagi percaya terhadap setiap iming-iming yang menjanjikan kelulusan dengan syarat sejumlah biaya. Bupati menyebut pelaksanaan latihan dasar ini berdasarkan peraturan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Nomor 1/2021.

Ia memaparkan, tujuan dari kegiatan ini adalah membentuk ASN yang profesional lewat pembentukan sikap dan perilaku disiplin, nilai-nilai dasar PNS, kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, dan tak kalah penting adalah kompetensi teknis dalam bidang tugas masing-masing, yang menjadi pondasi dalam melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan masyarakat.

“Latsar ini tujuannya bukan sekadar menghilangkan huruf C dari CPNS. Namun yang jauh lebih penting, kegiatan ini adalah proses untuk mencetak tunas baru dalam proses pembentukan karakter ASN yang berkualitas dan mampu membangun jejaring kerja. Tentunya ini juga akan mendukung terwujudnya birokrasi yang responsif dan kelas dunia,” tegasnya.

Bang Wiwiek mengatakan, latihan dasar ini adalah pendidikan dan pelatihan dalam masa prajabatan yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggungjawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

“Semoga hasil dari latsar ini menjadikan kalian sebagai ASN yang bisa menciptakan birokrasi dambaan yang melayani dengan sikap, perhatian dan perlakuan yang prima,” tandasnya. (affan) .




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama