Limapuluh Kota Dukung Tol Padang-Pekanbaru


Tol Trans Sumatera. (hutama karya)

LIMAPULUH KOTA-Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menyampaikan kesiapannya dalam mendukung proyek nasional pembangunan tol Padang-Pekanbaru yang nantinya melintasi beberapa nagari di daerah itu.


Hal itu disampaikan bupati di sela-sela menyambut kunjungan Tim Safari Ramadan yang dipimpin Wakil Gubernur Audy Joinaldy di Masjid Baabunnur, Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, Limapuluh Kota, Jumat (16/4/2022).

Safaruddin mengatakan, program Limapuluh Kota sejalan dengan program provinsi, mewujudkan Sumbar madani, Limapuluh Kota madani. Menurutnya visi pemerintah mulai dari tingkat nagari hingga pemerintah pusat sudah selayaknya saling terkoneksi dan sinergis. Utamanya untuk saat ini berkaitan dengan pertanian, pariwisata, juga pembangunan tol.

"Kami sudah menerima pemberitahuan dari provinsi tentang rencana sosialisasi pembangunan tol pada masyarakat di Limapuluh Kota dan kami bersama-sama segenap warga siap mendukung program nasional ini," ungkap Safaruddin.

Ia juga mengapresiasi rencana sosialisasi pembangunan tol yang akan dilakukan itu. Safaruddin berpendapat, dengan sosialisasi tersebut, maka proyek pembangunan akan menjadi lebih jelas dan transparan, sehingga tidak menimbulkan kesimpang-siuran informasi di masyarakat nantinya.

Tak hanya mendukung proyek tol, pada kesempatan itu Safaruddin juga menyampaikan dukungan terhadap program unggulan pemprov di bidang pariwisata dan pertanian, terutama budidaya jagung yang sudah mulai berjalan. 

"Bersinergi dengan pemerintah provinsi, tahun lalu maupun tahun ini kita menerima alokasi anggaran sebesar 86 Milyar rupiah yang dimanfaatkan untuk pengembangan pariwisata dan budidaya jagung," ujarnya menyampaikan dukungan.

Wakil Gubernur Audy Joinaldy menyampaikan, baik pariwisata maupun pertanian, merupakan dua kekuatan utama penggerak ekonomi di Kabupaten yang terkenal dengan Lembah Harau-nya itu. Di sektor pariwisata malahan Limapuluh Kota sudah memiliki lebih dari 40 desa wisata. Salah satunya Kampung Adat Sarugo di Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, bahkan telah memenangkan Anugerah Desa Wisata Indonesia pada 2021 lalu.

"Limapuluh Kota punya banyak potensi, selain pariwisata, juga ada jagung, gambir untuk diekspor, dan telur untuk pencegahan stunting. Pemerintah Provinsi juga punya banyak program yang bisa disalurkan. Ada anggaran senilai 86 Milyar yang khusus dialokasikan untuk medukung potensi di Limapuluh Kota," ujar Wagub kembali menegaskan.

Wagub juga meminta pemerintah daerah bersama masyarakat untuk terus menggali potensi yang dimiliki, serta mendukung upaya peningkatan pendapatan daerah, salah satunya melalui Samsat.

"Kita juga minta dukungan dari masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota untuk mendukung upaya peningkatan PAD, salah satunya dengan pembayaran pajak melalui Samsat," kata wagub. (rls)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama