Pemko Payakumbuh Gelar Shalat Idul Fitri di Balai Kota


 Rapat persiapan menyambut Idul Fitri di Pemko Payakumbuh


PAYAKUMBUH-Setelah vakum selama dua tahun tidak memfasilitasi pelaksanaan Shalat Idul Fitri,  tahun ini Pemko Payakumbuh kembali adakan Shalat Ied di halaman kantor balai kota . 


"Pelaksanaan Shalat Ied tersebut tetap kita laksanakan sesuai dengan aturan pemerintah terkait penetapan zonasi level PPKM di daerah kita," kata Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi didampingi Sekretaris Daerah Rida Ananda, di balai kota, Senin (25/4/2022).

Wali kota menyebutkan, imam shalat dari Yaman, Syaikh Al-Muqri Sa'ad Khanbari dan khatib anggota DPD RI, Muslim M. Yatim.

"Mari kita hadiri bersama, karena sudah dua tahun kita tidak Shalat Ied bersama di balai kota. Tapi dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan," ucapnya.

Nanti sebelum shalat dilakukan pengecekan kesehatan serta disediakan tim medis lengkap dengan ambulan.

Riza Falepi mengimbau masyarakat supaya terus meningkatkan kewaspadaan, selalu berhati-hati karena masalah keamanan dan ketertiban menjelang lebaran cenderung meningkat.

"Kepada masyarakat tetap kita minta selalu hati-hati. Kita juga telah meminta kepada dinas terkait untuk memasang CCTV di daerah-daerah yang rawan agar kita tetap bisa memantau setiap kejahatan yang mungkin saja terjadi," ujarnya.

"Mudah mudahan Payakumbuh selalu kondusif dan keamanan tetap terjaga. Sehingga para perantau kita yang pulang kampung merasa nyaman berada di Payakumbuh," tambahnya lagi.

Kapolres AKBP Alex Prawira mengatakan, mengingat akan adanya lebih kirang 1,8 juta perantau yang akan memasuki Sumatera Barat, sebagai daerah perbatasan pihaknya bersama TNI dan OPD terkait telah melaksanakan rekayasa lalu lintas untuk menghindari kepadatan lalu lintas saat Idul Fitri.

"Kita akan tempatkan dua pos pam, di Piladang dan Simpang Warna Warni serta satu pos layanan di pusat kota. Di sana kita juga menyediakan petugas kesehatan serta petugas vaksinator serta masyarakat juga bisa beristirahat di sana," ucapnya.

"Kemudian untuk mengurai kemacetan, kita telah menyiapkan 155 personel dari Polres Payakumbuh ditambah personel TNI dan Dinas Perhubungan serta kita juga sudah menyiapkan skenario jalur alternatif untuk menjaga kelancaran lalu lintas di Payakumbuh," katanya.

Masyarakat diimbau kalau terjadi tindak kejahatan ataupun ada gangguan selama perjalan mudik, masyarakat bisa langsung menghubungi pos terdekat atau mendownload aplikasi polisiku dari google playstore. (AA)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama