Pertama di Indonesia, Pemuda Pancasila Riau Bentuk Badan Siber dan Informasi


Kepengurusan sejumlah badan di MPW Pemuda Pancasila dikukuhkan



PEKANBARU-Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Provinsi Riau (MPW PP Riau) kukuhkan badan-badan dan silaturahmi Ramadan, Jumat (22/04/2022)). 


Pengukuhan oleh Ketua MPW Pemuda Pancasila Riau, H. Arsadianto Rachman, Sekretaris MPW, Victor Yonathan, SH, M.Kn, Wakil-Wakil Ketua MPW, Nasir Day dan lainnya.

Hadir pula Ketua Umum Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia. Gulat Medali Emas Manurung, DPW Apkasindo Riau, H. Suher, Plt Ketua Gapki Riau, Lichwan Hartono dan ketua MPC se-kabupaten/kota.

Kegiatan berupa pengukuhan empat badan MPW Pemuda Pancasila Riau, masing-masing Badan Pelaksana Kartu Tanda Anggota (BPKTA), Badan Pelaksana Kaderisasi (BPK), Badan Penyuluhan Pembelaan Hukum (BPPH) dan badan baru yang juga pertama kali di tubuh Ormas Pancasila, yang diinisiasi MPW Pemuda Pancasila Riau, yaitu Badan Siber dan Informasi (BSI) yang diketuai Azwir Irvannanda, S.Kom, CySA+.

Ketua BSI, Irvan merupakan Ketua Asosiasi Teknologi Informasi & Open Source (ATIOS) tersebut adalah generasi muda yang aktif dalam kegiatan literasi digital, khususnya tentang isu-isu hubungan dunia siber dan kehidupan sosial, terkhusus keamanan siber dan perlindungan data pribadi.

Dalam kepengurusan BSI, Irvan dikukuhkan bersama wakil ketua, Dr inż. Yulianri Rizki Yanza, Sekretaris Diaz Bagus Amandha, Bendahara Sesfrika Yanza dan pengurus wilayah lainnya.

Badan ini merupakan wadah khusus yang dibentuk untuk memenuhi kebutuhan transformasi organisasi yang menyesuaikan dengan zaman dan percepatan pencapaian program dari MPW Pemuda Pancasila Riau. Salah satu tugas utama BSI adalah membumikan Pancasila dan nilai-nilai Pancasila melalui ruang-ruang siber atau dunia maya. 

Pemuda Pancasila Riau menyadari, perkembangan dunia siber, teknologi, dan informasi merupakan sebuah hal yang mempengaruhi berbagai sektor kehidupan manusia, mulai dari sektor ekonomi, politik, hukum, kesehatan, sosial hingga budaya.

Irvan menyampaikan, pihaknya akan membumikan ideologi Pancasila melalui ranah siber, serta dengan pembinaan dan pemberdayaan teknologi informasi  perlu dilakukan dengan signifikan untuk mewujudkan transformasi organisasi  yang modern, progresif, dan dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Sekretaris MPW Pemuda Pancasila Riau, Victor Yonathan menegaskan, pembentukkan Badan Siber dan Informasi Pemuda Pancasila Riau ini merupakan amanat dari hasil usulan pada sidang komisi di Musyawarah Wilayah X MPW Pemuda Pancasila Riau, dan memang tuntutan kebutuhan organisasi dan menyesuaikan perkembangan tantangan zaman.

.Badan Siber dan Informasi (BSI) Pemuda Pancasila Provinsi Riau terbuka sebagai wadah berhimpun anggota Pemuda Pancasila yang berprofesi dalam bidang siber dan informasi, sebagai sumber kader Pemuda Pancasila yang cakap dengan teknologi informasi. Baik yang berprofesi atau pegiat di bidang IT pada umumnya, seperti bidang programming, data sains, jaringan komputer, database, keamanan siber, multimedia, hingga jurnalistik media online dan konten kreator, serta bidang lainnya yang terkait ranah siber, dan teknologi informasi.

BSI membuka kesempatan pagi pegiat atau praktisi dunia siber untuk bergabung menjadi bagian dari Pemuda Pancasila, terkhusus bagi kaum milenial atau generasi muda yang memang dunia siber sudah menjadi dunia kedua dalam kesehariannya, BSI ingin membangun literasi digital dan edukasi positif melalui ruang siber terkhusus untuk membumikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan. (ES)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama