PHBI Tanah Datar Putuskan Shalat Idul Fitri di Lapangan Gumarang



Wabup Tanah Datar pimpin rapat PBHI. (prokopim)


BATUSANGKAR-Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Tanah Datar putuskan pelaksanaan shalat Idul Fitri di Batusangkar dilaksanakan di Lapangan Gumarang Batusangkar. Keputusan itu setelah dilakukan rapat selama dua hari.


Rapat dilaksanakan di rumah dinas wakil bupati tersebut dipimpin Wakil Bupati Richi Aprian yang juga sebagai Ketua PHBI Tanah Datar dan dihadiri Kakan Kemenag Syahrul, Kadis Sosial Afrizon, Kadis Kominfo Yusrizal, Bagian Kesra, Sekretaris PHBI dan pengurus lainnya serta pengurus masjid yang berada di sekitar Batusangkar. 

Afrizon mengungkapkan, dari tujuh masjid yang berada di sekitar Batusangkar, pada umumnya semua sepakat dan mendukung PHBI Tanah Datar untuk pelaksanaan shalat Idul Fitri di Lapangan Gumarang. 

Namun menurut Afrizon, pengurus masjid Alfaizin yang berada di Pincuran Tujuh meminta untuk tetap diizinkan untuk melaksanakan shalat di masjid, ini dilakukan untuk memfasilitasi para jamaah yang sudah tua dan sudah tidak mampu lagi untuk datang ke lapangan, hal yang sama juga diminta oleh pengurus Masjid Ihsan dan Masjid Raya Lantai Batu. 

Wakil Bupati Tanah Datar menyampaikan, rapat ini digelar dalam rangka untuk persiapan pelaksanaan shalat Idul Fitri tahun ini di Batusangkar dan sekitarnya. 

Dia menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pengurus masjid di sekitar kota Batusangkar yang telah mendukung PHBI Tanah Datar dalam untuk melaksanakan shalat Idul Fitri pada tahun ini di lapangan Gumarang. 

Pada rapat tersebut juga disampaikan jika cuaca hujan, maka imam dan khatib utama akan dialihkan ke Masjid Taqwa yang berada di Parak Juar. Begitu juga halnya Bupati Tanah Datar bersama Ketua DPRD dan Forkopimda, sementara wabup sendiri akan melaksanakan shalat di Masjid Muhammadiyah. 

Selain itu, untuk persiapan pelaksanaan Shalat Idul Fitri,  Kamis besok nanti di lapangan Gumarang juga akan dilakukan pengukuran kiblat oleh pengurus sebelum pada akhirnya akan dilakukan ceking dan rapat terakhir pada minggunya. 

Terkait dengan permintaan pengurus Masjid Alfaizin, Masjid Ihsan dan Masjid Raya Lantai Batu, wakil bupati mengatakan, PHBI Tanah Datar tidak akan melarang atau menghalangi karena pada prinsipnya itu boleh dilakukan. 

Dikutip dari Prokopim Setda Tanah Datar, wabup mengajak dan menghimbau kepada umat muslim yang berada di sekitar Batusangkar untuk bersama-sama melaksanakan shalat di lapangan, karena secara agama itu lebih disarankan agar syiarnya lebih besar. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama