Puncak Peringatan HUT Latina ke-13, Musala Baru Diresmikan, Anak Sekolah Dapat Beasiswa


Riza Falepi


PAYAKUMBUH-Peresmian musala, penyerahan hadiah lomba, dan pemberian beasiswa kepada anak sekolah mengisi puncak peringatan hari lahir Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) yang berlangsung di halaman kantor camat setempat, Senin (31/1/2022).


Setiap tanggal 24 Desember diperingati sebagai hari jadi kecamatan yang telah genap berumur 13 tahun ini. Kemeriahan hari jadi Latina diisi dengan berbagai kegiatan kemasyarakatan di tiga nagari dan 6 kelurahan. Terakhir dengan peresmian Musala Al Jannah (Kubang Canduang) yang berada di lahan kantor camat oleh Wali Kota Riza Falepi. Musala ini sudah selesai dikerjakan pada tahun 2021 dengan anggaran 188 juta rupiah.

Turut hadir anggota DPRD Syafrizal, Mawi Etek Arianto Dt. Majo Nan Kuniang, dan Edward DF, lalu Kepala OPD, Camat Diki Engla Mardianto, camat dan lurah se Kota Payakumbuh, Ketua LKAAM Latina A. Dt. Parpatiah, Ketua KAN Sungai Durian IR Dt. Panghulu Sati, Ketua KAN Parambahan W Dt. Tama Rajo, dan Ketua KAN Koto Panjang EN Dt. Majo Lobiah Nan Putiah, Ketua Bundo Kanduang Kecamatan Latina Nuraini, serta Bundo Kanduang 3 Nagari bersama tokoh masyarakat setempat.

Wali Kota Riza Falepi dalam arahannya menyampaikan meski usia Kecamatan Latina yang masih muda, namun sudah mampu menyejajarkan posisi dengan daerah lain.  Pemko Payakumbuh akan terus melanjutkan pembangunan di Latina, termasuk kebutuhan infrastruktur agar daerah menjadi semakin baik.

"Mudah-mudahan di hari jadi Latina ke 13 ini berimpahlah keberkahan bagi semua orang," kata Riza.

Wali kota dua periode itu menambahkan, Kota Payakumbuh rasa badunsanaknya tinggi, Dia meminta agar terus dibangun komunikasi dan koordinasi, silaturahmi terjaga dan harmonisnya kehidupan bermasyarakat.

"Keakraban kita jaga, hal-hal yang menjadi pembawaan kita sejak dahulu tetap terjaga. Lamposi adalah representasi tradisi yang masih terjaga dengan baik karena masyarakatnya homogen," ujarnya.

Riza berharap kedepan Latina bisa lebih maju dari sisi pertaniannya, karena disini lahan masih luas. Riza mengajak seluruh pihak untuk berfikir jauh bagaimana cara bertani yang lebih baik dan produktif.

"Kita merasa kesulitan karena harga pupuk yang mahal, maka perlu ada cara lain kedepan yang bisa kita fikirkan dan cari jalan keluarnya," kata Riza.

Terkait masa jabatan Riza yang tinggal beberapa bulan lagi, Riza mengakui masih ada beberapa pekerjaan yang tertinggal, Dia meminta maaf sekitanya ada harapan yang belum terwujudkan, semoga nanti di masa wali kota yang baru akan terpenuhi karena Kota Payakumbuh dibangun dengan uang yang kecil, jadi harus diangsur-angsur.

"Kami akan terus memberikan pelayanan kepada masyarakat. Semoga nagari kita terus menjadi nagari yang aman dan damai, kuncinya adalah ketakwaan kepada Allah, nagari ini adalah nagari orang yang soleh, menghasilkan ulama, qori, ustaz, dan ini akan terus berlanjut kedepannya," kata Riza.

Terkahir, wali kota yang hobi menamam pohon itu berpesan agar di lingkungan kantor camat ditanami pohon pelindung dan pohon buah produktif supaya sejuk dan asri.

Ketua Panitia Ulang Tahun Kecamatan Latina ke 13 JI Dt. Asa Batuah diwakili oleh Wakil Ketua Panitia Syafrizal memaparkan peringatan HUT Latina dimeriahkan dengan lomba olahraga, sosial budaya, dan agama dengan dana swadaya masyarakat Latina dan donatur, acara ini dimulai pada awal Desember.

Ada sepak takraw, turnamen bulu tangkis, sepak bola, volley ball, tabigh akbar, lomba membuat dan peragaan takuluak kompong di berbagai kelurahan. Juga ada kegiatan kolosal barolek batogak panghulu di Koto Panjang dan khatam Alquran di Sungai Durian "HUT Latina ke 13, ketiga nagari barolek godang," ujarnya.

Syafrizal menambahkan, bila Mesjid Agung King Salman bakal dibangun di Koto Nan Ompek, maka di Latina sudah selesai dibangun musala yang representatif dan cukup megah.

"Dubes Arab Saudi sudah datang melihat lahan pembangunan mesjid agungnya, proposal dari wali kota kita semoga secepatnya diproses Raja Salman. Mari kita mendoakan kiranya mesjid yang kita idamkan segera dimulai pembangunannya, semoga dilancarkan," kata Syafrizal.

Tokoh masyarakat Latina sekaligus Ketua KAN Sungai Durian IR Dt. Panghulu Sati menyampaikan apresiasi kepada pemerintah dan masyarakat atas suksesnya pelaksanaan perayaan HUT Latina ke 13. Dirinya menyampaikan harapan kedepannya Pemko Payakumbuh bisa melengkapi bangunan kantor camat, mulai dari gudang, tempat kerja, dan beberpaa renovasi yang dibutuhkan kantor ini.

"Tahun ini dan tahun depan, nagari lain berniat melangsungkan batogak panghulu, sama dengan Nagari Koto Panjang dengan pembiayaan dibantu oleh Pemko Payakumbuh," ujarnya.

Ditambahkan Dt. Panghulu Sati, di samping kantor camat ada tanah wakaf 1000 m² yang akan dihibahkan kepada Pemko Payakumbuh untuk membangun PAUD baru di Sungai Durian. Nantinya persyaratan adminsitrasi akan dipenuhi. Disamping itu juga sudah ada lahan untuk membangun kantor lurah Sungai Durian yang baru.

Dari sisi Camat Diki Engla Mardianto dalam sambutannya menyampaikan sudah 2 tahun perayaan HUT Latina ini tak terselenggara karena dilanda pandemi Covid-19. Dalam mempersiapkan acara ini camat meminta pandangan, arahan, dan bimbingan dari Ketua LKAAM, KAN, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, dan tokoh masyarakat, ternyata mereka mendukung sepenuhnya perhelatan akbar tersebut.

"Di usia Latina ke 13 tahun, ada 13 cabang lomba yang diselenggarkaan, ada lomba olahraga, sosial budaya, dan agama, hingga melaksanakan gotong royong di berbagai kelurahan. Hari ini juga dilaksanakan penyerahan beasiswa anak-anak SLTA dari lembaga kesejahteraan sosial Peti Bunian Lamposi," ungkapnya.

Anggota DPRD Mawi Etek Arianto menyampaikan sejak dibentuk pada 13 tahun silam, Latina mengejar ketertinggalannya hingga bisa sejajar dengan kecamatan lain. Dirinya dan warga Latina merasakan betul bagaimana pembangunan infrastruktur dikebut oleh Wako Riza Falepi di Latina.

"Patut kita catutkan kepada nama Bapak Pembangunan Latina kepada Wali Kota Riza Falepi Bapak atas dedikasinya untuk kemajuan latina. Kedepan Latina kita harapkan unggul dan bisa bersaing dengan kecamatan lain. Pesan kami kedepan mari tingkatkan kebersamaan ini," ungkapnya. (AA)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama