Puting Beliung Landa Dharmasraya, Ini Data Kerusakan



Kepala BPBD Dharmasraya, Eldison


DHARMASRAYA-Puting beliung melanda Nagari Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Jumat (8/4/2022). Angin kencang disertai dengan hujan deras.

Kepala BPBD Dharmasraya, Eldison menyebutkan, berdasarkan data sementara, kerusakan bangunan terdapat beberapa jorong.  Antara lain, Jorong Koto Panjang, Nagari Sikabau dengan kerusakan 15 ruko dengan  15 kepala keluarga dan enam rumah dengan tujuh kepala keluarga.


Warga potong pohon tumbang


Selain itu, satu rumah tertimpa pohon tumbang  yang dihuni oleh dua kepala keluarga. Kemudian, di  Jorong Tanjung Silelok lima rumah rusak dengan 6 kepala keluarga. Sementara di Perumnas Taratak Garden, Bagari Siguntur tiga rumah rusak. 

Sekolah yang rusak adalah SMP 2 Pulau Punjung karena ada pohon tumbang yang menimpa bangunan.

"Hingga malam ini, anggota kami bersama warga terus melakukan evakuasi dan memotong pohon kayu yang tumbang yang menimpa sebagian rumah dan menutupi jalan. Kerugian ditaksir ratusan juta rupiah," kata Eldison.

Diwartakan sebelumnya, akibat angin puting beliung disertai hujan deras, puluhan rumah dan toko di Nagari Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, rusak. Bencana itu terjadi, Jumat (8/4/2022) menjelang datangnya waktu berbuka.

Atap rumah dan ruko porak-poranda dan berterbangan akibat angin puting beliung tersebut. Salah seorang warga, Fitri Yanti mengatakan,  hujan turun sangat lebat dan disertai angin kencang. 

"Saya sangat kaget sekali melihat hujan disertai angin yang sangat kecang tersebut. Saya melihat atap rumah copot terbang dan terbang sekian meter dari rumah yang dilanda bencana," kata dia. (eko)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama