Sawahlunto, Kota Cantik yang Menanti Wisatawan

 Wagub serahkan bantuan pada masjid Rp50 juta dari pemprov



SAWAHLUNTO-Wakil Gubernur Audy Joinaldy menilai keberhasilan Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto sebagai warisan dunia harus dimanfaatkan untuk mendongkrak ekspose pariwisata.


Sawahlunto memiliki situs warisan dunia yang sudah diresmikan Unesco. Peluang investasi dan pengembangan di Sumbar menurut dia masih sangat terbuka lebar.

"Saya yakin ke depan akan semakin banyak turis asing dan dalam negeri berkunjung ke Sawahlunto," ucap Audy Joinaldy saat Safari Ramadhan di Masjid Babussalam, Kelurahan Lubang Panjang, Kecamatan Baringin, Sawahlunto, Sabtu (9/4/2022).

Ia menilai pariwisata adalah potensi Sawahlunto yang tidak dimiliki semua daerah karena punya nilai herritage. "Kuncinya inovatif, responsif dan melibatkan aktif masyarakat serta perantau. Pemerintah daerah tidak perlu takut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Termasuk dukungan dari masyarakat terutama potensi investasi perantau juga harus dimaksimalkan. Investasi dari perantau bisa mempercepat pembangunan dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah dalam pengembangan pariwisata. "Pariwisata di Sawahlunto merupakan tulang punggung. Bahkan di sini banyak terdapat desa wisata dan desa kreatif," ujarnya.

Hal ini dibuktikan dengan penghargaan Wonderful Indonesia Tourism Award yang pernah diterima Sumatera Barat. Dari sekian banyak kota tujuan wisata di Sumatera Barat, salah satu kota dengan daya tarik wisata unik yang bisa dikunjungi adalah Sawahlunto. "Inilah kota paling cantik saya kunjungi," tuturnya.

Sawahlunto menjadi kota wisata, karena memiliki ciri khas peninggalan sejarah era kolonial khususnya di masa lalu menjadi kota pertambangan serta wisata alam yang tak kalah mempesona.

"Tidak salah, Sawahlunto paling sedikit masyarakat miskin di Indonesia. Karena masyarakat Sawahlunto bisa memanfaatkan alam sekitarnya," tukasnya.

Wali Kota Deri Asta sangat senang dikunjungi Wagub Sumbar. "Saya kagum, seorang milenial memiliki tujuh gelar akademik yang disandang wagub dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda," sebut Deri Asta.

Ia mengatakan, kepedulian pemprov terhadap Sawahlunto luar biasa. Masyarakat mengucapkan terima kasih. Pasalnya dalam minggu awal Ramadhan dua pemimpin Sumbar hadir di Sawahlunto. 

"Beberapa hari  lalu gubernur berkunjung ke sini, sekarang wagub. Kami sangat bangga atas kunjungan ini. Ini membuktikan pemprov sangat peduli dengan Sawahlunto," terangnya. (rls)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama