Wakil Rektor III Undhari Motivasi Siswa SMAN 1 Pulau Punjung


Wakil Rektor III Undhari beri materi pada peserta pesantran Ramadan


DHARMASRAYA-Pesantren Ramadan diadakan di SMAN 1 Pulau Punjung, 7-23 April 2022. Pesantren mengangkat tema melalui pesantren Ramadan terwujudnya peserta didik cerdas, kompetitif, religius dan berbudaya


Salah satu narasumber yang didatangkan pada pesantren Ramadan itu adalah Wakil Rektor III Universitas Dharmas Indonesia (Undhari) Bidang kemahasiswaan, Alumni Kerjasama, dan Humas, Amar Salahuddin. Dia tampil dengan tema Literasi Digital: Peluang dan Tantangan Pemanfaatan Teknologi di Era 4.0, Rabu (20/4/2022).

Amar Salahudin menyampaikan terkait enam literasi dasar yang mesti diketahui dan dikuasai pelajar, yakni literasi baca tulis, numerasi, sains, finansial, budaya dan kewarganegaraan, dan literasi digital.

Amar memaparkan teknologi sudah semakin dijangkau pelajar dan masyarakat, bidang bisnis dan semua bidang pun mudah dilakukan, namun pelajar dan masyarakat banyak yang belum mengerti tentang pengamanan data di bidang teknologi, kemudian infrastruktur digital masih belum menyeluruh di Indonesia, dan perlu dioptimalkan. "Yang tak kalah penting juga, yaitu budaya digital, ketika kita sudah berbudaya, tentunya kita juga sudah beretika," kata Amar.

Doktor Amar memotivasi ratusan siswa SMAN 1 Pulau Punjung. Dia mengutip hasil riset dunia di Harvard University, Carniege Foundation dan Stanford reasearch center, yang mengatakan, faktor sukses dalam pekerjaan ditentukan 15 persen technical skill dan 85 persen adalah soft skill. Amar menambahkan, untuk sukses di era digital dan abad 21 mesti memiliki emat keterampilan, masing-masing keterampilan berpikir kritis, berkolaborasi, kreativitas dan keterampilan komunikasi.

Pesantren Ramadan dihadiri para wakil kepala sekolah, majelis guru dan siswa SMAN 1 Pulau Punjung. Kegiatan berjalan dengan lancar dan penuh khidmat. Ketua pelaksana pesantren Ramadan, Joni Arpan mengungkapkan, kegiatan itu juga memupuk silaturahmi sesama siswa dan guru.  (eko)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama