Cegah Kemacetan di Payakumbuh, Kendaraan dari Riau Dialihkan


 Petugas Dishub Payakumbuh siaga di lapangan


PAYAKUMBUH-Memasuki hari ke tiga Lebaran, arus lalu lintas di sekitaran Kota Payakumbuh terpantau ramai dan lancar. Meskipun ada peningkatan volume kendaraan dibanding hari biasanya.


"Arus lalu lintas dalam kota dari pagi tadi sampai sore masih lancar," kata Kadishub melalui Kabid Keselamatan dan Pengendalian Opserasional Yulhendri. L saat memantau arus lalu lintas di pusat kota, Kamis (5/5/2022) Siang.

Guna mengantisipasi kemacetan menuju pusat Payakumbuh, pihaknya bersama polres mulai mengalihkan kendaraan dari arah Riau melalui jalur alternatif Simpang Warna Warni menuju arah Payobasung.

"Kendaraan dari arah Riau kita alihkan ke arah Payobasung dan tidak melewati kota lagi, karena jumlah kendaraan yang melintas sudah cukup ramai. Tapi kalau tujuannya memang kepusat kota ya mereka bisa mencari jalur persimpangan yang tidak begitu ramai nantinya," ucapnya.

Sedangkan untuk kendaraan dari arah Bukittinggi, dijelaskan Andi, sapaan akrab Kabid. Ops Dishub Payakumbuh tersebut, sampai saat ini belum dialihkan. Karena masih terpantau lancar dan tidak ada peningkatan arus yang tinggi.

"Kemungkinan yang dari Bukittinggi ini akan ada peningkatan mulai sore nanti. Berdasarkan koordinasi kita dengan Polres Payakumbuh nanti kendaraan akan kita alihkan melalui By Pass menuju Tanjuang Anau," ujarnya.

Lebih lanjut, untuk kunjungan ke tempat-tempat wisata yang ada di Payakumbuh sampai saat ini masih terpantau aman dan lancar. Serta untuk ketersediaan tempat parkir juga masih luas untuk menampung kendaraan pengunjung.

"Kita imbau kepada pengguna jalan agar selalu berhati-hati saat berkendara. Tetap pantau kondisi arus lalu lintas untuk menghindari kepadatan arus di titik-titik rawan kemacetan," katanya.

"Bagi pemudik yang mau parkir kita harapkan tidak memakan bahu jalan demi kelancaran lalu lintas pengendara yang lain. Serta saat parkir jangan lupa melakukan pengecekan kendaraan saat akan meninggalkan kendaraan. Tolong dipastikan lagi apakah kendaraan sudah terkunci atau belum, demi menghindari tindak kejahatan," pungkasnya. (AA)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama