26 Lembaga Pendidikan Ikuti Pawai di Payakumbuh Barat


 Bunda dan pegajar PAUD foto bersama


PAYAKUMBUH-Bunda PAUD Kota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakilkan oleh Elfriza Zaharman melepas secara resmi pawai yang dilaksanakan oleh Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kecamatan Payakumbuh Barat yang digelar di Lapangan Kubu Gadang, Selasa(7/6). 


Pawai ini diikuti sebanyak 26 lembaga pendidikan yang terdiri dari Taman Kanak-kanak (TK) dan Kelompok belajar (KOBER) yang ada di Kecamatan Payakumbuh Barat serta diramaikan oleh  orang tua dari anak-anak yang mengikuti pawai.

Menggunakan berbagai pakaian lengkap dengan aksesoris pakaian adat beserta suntiang anak-anak ini pawai dengan start awal di lapangan Kubu Gadang menuju Kantor DPRD Kota Payakumbuh. 

Elfriza Zaharman atau yg akrab disapa Cece  mengucapkan terima kasih atas teselenggaranya acara pawai dan juga mengucapkan terimakasih pada Dinas pendidikan Kota Payakumbuh karena telah memfasilitasi acara pawai Himpaudi Kecamatan Payakumbuh Barat.

“Kami ucapkan terima kasih atas teselenggaranya acara ini dengan baik. Kemudian terima kasih juga kepada orang tua yang turut berpartisipasi mengikuti acara ini untuk mendampingi anak-anaknya,” ucap Cece.

Selanjutnya Cece mengatakan dengan adanya pawai ini kita mengajak masyarakat untuk melihat lagi aktifitas anak-anak PAUD. Dan masyarakat berminat memasukkan anak dalam kegiatan paud. Karena kegiatan paud ini sangat diperlukan. Disamping itu anak-anak yang sudah ikut paud melatih mereka dalam hal keberanian dan berbagai macam aktifitas yang menyenangkan, jadi itu juga membantu mereka untuk bersosialisasi.

"Kedepanya Kita juga terus melakukan pelatihan terhadap guru-guru paud. Karena sebagian besar guru paud bukan merupakan sarjana paud jadi itu yg kita dorong agar mereka mendapatkan pendidikan. Kita adakan diklat berjenjang ilmu tentang paud  dalam rangka pembentukan karakter anak," Ujarnya

Selanjutnya Cece berharap adanya peningkatan secara kualitatif dalam setiap  kegiatan anak. "Setiap pendidikan yang diterima anak, khususnya Paud perlu adanya Keterlibatan anak dan juga orang tua,  jadi dalam setiap kegiatan ini menjadi lebih terasa bagi tumbuh kembang anak," pungkas Cece

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Payakumbuh Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Sekretaris Camat Aulia Fajrin menyampaikan apresiasi atas semangat Himpaudi dalam hal ini bunda PAUD kecamatan, kelurahan, dan guru PAUD yang berswadaya agar kegiatan ini digelar.

 "Kegiatan ini mendukung program pemerintah, misi Wali Kota Payakumbuh nomor satu yakni mewujudkan sumber daya manusia yang handal, sehat, dan kompetitif. Kami berpesan agar anak-anak bisa bersuka ria mengikuti kegiatan ini dan timbulnya jiwa kompetisi anak-anak usia dini dengan berbagai kegiatan yang ada," ungkapnya.

Ditambahkan Fajrin, Setelah 2 tahun  tidak melakukan kegiatan ini, semoga kedepannya tengga pendidik dan wali murid bisa bersatu padu dalam melaksanakan pendidikan khususnya untuk anak usia dini. 

"Harapan kami kepada bunda paud untuk dapat kembali mendata anak-anak yang masih belum bersekolah. Besar harapan kami kepada bunda Paud dan kader untuk mengajak orang tua murid agar anaknya masuk ke Paud," Ungkapnya

"Mari kita sama-sama menyatukan persepsi dalam melaksanakan pendidikan kepada anak-anak usia dini Karena anak-anak didik kita ini lah yang akan memimpin daerah kita untuk kedepannya," Pungkas Fajrin. 

Senada, Bunda Paud Kecamatan Payakumbuh Barat Desi Rahmayani mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada Himpaudi Kecamatan Payakumbuh barat atas terselenggaranya kegiatan pawai dengan baik.

"Terima kasih serta apresiasi kepada Himpaudi Kecamatan Payakumbuh Barat atas terselenggaranya kegiatan pawai kali ini dengan sangat baik dan lancar. Semoga kedepannya banyak lagi kegiatan yang dapat melatih keberanian untuk anak-anak kita serta pembelajaran yang sangat berharga karena dimasa usia paud ini merupakan masa golden age yang mana segala pertumbuhan, perkembangan serta kreatifitas akan diasah dengan sangat intens diusia dini. Untuk itu mari kita dukung segala kegiatan anak-anak kita karena merekalah yg akan memimpin bangsa kita dimasa depan,"ujar Desi. 

Ditambahkan Desi, Pawai yang melibatkan orang tua ini diharapkan dapat membuat orang tua merasakan bagaimana mengajar dan mengarahkan anak dengan kesabaran.

 "Orang tua memiliki peran yang besar terhadap pendidikan anak karena itulah pawai yang kita langsanakan ini langsung melibatkan orang tua," Pungkasnya

Kabid PAUDNI Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Syafni Hasni mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan potensi dan kreativitas anak sejak dini agar lebih berani tampil di depan banyak orang.

 "Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada panitia penyelenggara atas berjalannya acara kegiatan Pawai ini yang sudah memberikan dukungan kepada pemko, begitu juga pada panitia sudah memberikan loyalitas sangat tinggi sehingga kegiatan cukup lancar dan begitu baik," ujarnya. (AA)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama