Wakil Ketua DPRD Payakumbuh Apresiasi Dinas Pemuda dan Olah Raga


 Foto bersama usai pembukaan pelatihan adat


PAYAKUMBUH-Wakil Ketua DPRD Payakumbuh, Wulan Denura hadiri pelatihan adat yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga  di GOR M. Yamin Kubu Gadang, Senin (6/6/2022).


Dia mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Disparpora dan juga merupakan aspirasi dari niniak mamak dan bundo kanduang tahun lalu.

"Dari usulan niniak mamak inilah, dapat kami jadikan usulan di DPRD dan masuk dalam pokok pikiran DPRD. Alhamdulillah, kegiatan ini bisa dilaksanakan melalui Disparpora agar pelestarian adat dan budaya di Payakumbuh tetap terjaga," kata politisi Gerindra tersebut kepada media.

"Kami juga mohon maaf, dikarenakan keterbatasan anggaran makanya pesertanya dibatasi 15 per nagari. Mudah-mudahan untuk tahun depan dan seterusnya kegiatan pelatihan adat dan budaya ini bisa kita laksanakan di setiap nagari dengan peserta yang lebih banyak," ujarnya

Dia menyampaikan, pembentukan karakter dan pelatihan adat untuk generasi muda ini sangat penting dilakukan. Sebab, melihat perkembangan teknologi yang begitu pesat, dia khawatir pelestarian adat dan budaya akan memudar seiring berjalannya waktu.

"Kita tidak ingin di masa yang akan datang norma-norma adat dan nilai budaya kita ikut tergerus oleh perkembangan zaman. Makanya pelatihan ini sangat perlu kita berikan untuk rang mudo dan puti bungsu khususnya," ujarnya.

Kepala Dinas Parpora Desmon Korina menyebutkan, pelatihan adat tersebut diikuti 150 peserta yang dibagi ke dalam tiga gelombang dan setiap gelombangnya dilaksanakan selama tiga hari. (jnd)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama