Bawa Misi Damai, Presiden Jokowi Naik Kereta ke Kyiv

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana berjaket biru. (Biro Pers Sekretariat Presiden)



JAKARTA-Presiden Joko Widodo membawa misi damai ke Ukraina. Presiden Joko Widodo memposting foto saat hendak naik kereta luar biasa menuju Kyiv, Ukraina. Jokowi meminta doa agar misi perdamaian ini dimudahkan.


Hal itu disampaikan Jokowi dalam akun Instagram @jokowi seperti dilihat, Rabu (29/6/2022). Jokowi menyatakan misi perdamaian ini dimulai dengan niat baik.

"Dari peron 4 Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, pukul sembilan malam, saya dan rombongan terbatas berkereta menuju Kyiv, Ukraina," tulis Jokowi yang dikutip dari detikcom.

"Kami memulai misi perdamaian ini dengan niat baik. Semoga dimudahkan," sambung Jokowi.

Jokowi dan rombongan diperkirakan tiba di Kyiev, ibu kota Ukraina pada Rabu waktu setempat. Turut mendampingi Jokowi dan Iriana antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Dalam pernyataan pers sebelumnya, Jokowi juga menyampaikan mengenai misi perdamaian Ukraina dan Rusia. Jokowi mendorong ruang dialog.

"Setelah dari Jerman, saya akan mengunjungi Ukraina dan akan bertemu dengan Presiden Zelensky. Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina, Presiden Zelensky, untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian, untuk membangun perdamaian, karena memang perang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," ujar Jokowi dalam pernyataan pers, Minggu (26/6/2022).

"Sekali lagi, dengan misi yang sama saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang," imbuh Jokowi. (detikcom)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama