Tiga Tahun Terhenti, Lomba Cipta Menu Diadakan Lagi di Lampung Utara

Wabup Lampung Utara buka lomba cipta menu


LAMPUNG UTARA-Sempat terhenti akibat pandemi corona, lomba cipta menu kembali diadakan di Lampung Utara. Puluhan OPD dan kecamatan menampilkan makanan andalan masing-masing.


Wakil Bupati Lampung Utara, Ardian Saputra mencicipi sejumlah hidangan pada lomba cipta menu yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan, Selasa (28/6/2022).

Lomba cipta menu itu diikuti 33 perangkat daerah dan 23 kecamatan se-Lampung Utara. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengikuti HUT kabupaten yang ke-76.

Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Utara, Hj. Nur Endah Sulastri mengatakan, lomba cipta menu bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya meningkatkan kualitas pangan keluarga.

Selain itu, dikatakan Nur Endah Sulastri, kegiatan ini juga guna mendorong kualitas dalam memilih, menyusun, menciptakan menu berbasis berdaya lokal selai beras dan terigu.

“Mengonsumsi aneka menu, sesuai prinsip melalui pemanfaatan hasil pekarangan.meningkatkan citra pangan daerah,” kata Nur Endah.

Dikatakan lebih lanjut, lomba cipta menu ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengangkat potensi pangan lokal di pekarangan rumah.

Dalam melakukan penilaian, terang dia berdasarkan keanekaragaman gizi dan cipta rasa, dirinya berharap melalui kegiatan ini dapat mengispirasi keluarga yang beragam, guna menangkal penyakit anak sejak dalam kandungan.

“Penting sebagai sosialisasi promosi aktualisasi pangan lokal, melalui program PKK, bisa disajikan sebagai pengganti beras sebagai kebutuhan pokok,” ujarnya.

Wakil Bupati Ardian Saputra, mengatakan lomba cipta menu ini yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan dan TP-PKK Lampung Utara mampu membawa nilai-nilai positif bagi kabupaten.

Lomba ini juga, menurut dia, merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu sejak tiga tahun terakhir. Tiga tahun pemerintah kabupaten tidak melaksanakan lomba ini karena terhalang pandemi Covid-19. (irma)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama