Kuliah S2 di Unand, tak Perlu Jauh-jauh ke Padang, di Payakumbuh Saja


 Wakil Rektor I Unand, Prof. Mansyurdin dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Payakumbuh, Ifon Satria Chan tanda tangani perjanjian kerjasama


PADANG-Universitas Andalas dan Pemerintah Kota Payakumbuh tandatangani perjanjian kerjasama untuk penyelenggaraan Program Magister (S2) di Kampus II Unand Payakumbuh, Senin (27/6/2022) di kampus Limau Manis, Padang.


Kini, kuliah di Pascasarjana Unand, tak perlu jauh-jauh ke Padang, cukup di Payakumbuh saja. Hemat biaya, dan hemat waktu. 

Wakil Rektor I Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Unand, Prof. Dr. Mansyurdin mengatakan, perjanjian kerjasama ini sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Pemko Payakumbuh dengan Universitas Andalas pada 4 Februari lalu. Tindaklanjutnya, Unand akan melakukan pengembangan prodi dengan menyelenggarakan progran magister atau S2 di Kampus II Unand. 

Penyelenggaraan program S2 ini didasari atas mempertimbangkan terkait permintaan Pemerintah Kota Payakumbuh dalam pengembangan SDM. Pembukaan prodi S2 tidak hanya memudahkan akses pendidikan bagi ASN Pemerintah Kota Payakumbuh melainkan juga bagi ASN dari pemerintah daerah di sekitarnya, seperti Limapuluh Kota, Tanah Datar, Agam serta Bukitinggi. 


Wakil Rektor I Unand, Prof. Mansyurdin dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Payakumbuh, Ifon Satria Chan perlihatkan perjanjian kerjasama 


"Bagi non-ASN di Payakumbuh dan sekitarnya, juga merupakan peluang yang baik untuk melanjutkan program S2 karena lebih efisien jika kuliah ke Padang," ujar Mansyurdin.

Ada sembilan program studi magister yang akan diselenggarakan di kampus II Payakumbuh, masing-masing Program Studi Manajemen dan Perencanaan Pembangunan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Prodi Kesehatan Masyarakat di Fakultas Kedokteran, Prodi Teknik Sipil di Fakultas Teknik, Prodi Pembangunan Daerah Pedesaaan di Pascasarjana, Prodi Ilmu Hukum di Fakultas Hukum, Prodi teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian dan Prodi Ilmu Keperawatan di Fakultas Keperawatan. Kesembilan prodi tersebut dibuka pada semester ganjil tahun akademik 2022/2023.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Payakumbuh, Ifon Satria Chan menyampaikan harapannya setelah penandatanganan ini para aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota Payakumbuh dapat kuliah di Kampus II Unand Payakumbuh. 

”Perjanjian kerjasama ini sebagai bentuk kepedulian kita pada pendidikan dan pengembangan SDM terutama untuk ASN yang ingin melanjutkan kuliah magister atau S2, sehingga mereka dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri,” ujar Ifon Satria Chan.

Dia menambahkan, dari 2.900 ASN di lingkungan Pemko Payakumbuh, yang sudah bergelar S1 dan S2, sekitar 2.000-an, sisanya masih D3 atau di bawahnya. Saat ini ada sekitar 52 ASN pemko yang ingin melanjutkan pendidikan magister di Kampus II Unand Payakumbuh.

”Persoalannya mengingat jarak tempuh Payakumbuh dan Padang lumayan jauh, sehingga akan menghambat akses para ASN untuk melanjutkan kuliah, terutama bagi ASN yang tidak mendapatkan tugas belajar, untuk itu kami berharap Unand membuka prodi baru di Kampus II Payakumbuh agar para ASN bisa melanjutkan kuliah magisternya di sana,” tambahnya.

“Soal pembiayaan, yang ikut saat ini masih menggunakan biaya sendiri dan tentunya nanti akan diusahakan melalui APBD Perubahan dan 2023 akan kita anggarkan,” kata Ifon Satria Chan.

Program studi yang akan dibuka di kampus II Unand Payakumbuh itu tidak hanya untuk ASN tetapi juga terbuka untuk umum dan alumni. (ZK) 




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama