Wali Kota Riza Falepi Resmikan Mushalla Nurul Fikri Bulakan Balai Kandi


Wali kota tanda tangani prasasti sebagai tanda peresmian


PAYAKUMBUH-Wali Kota  Riza Falepi resmikan Mushalla Nurul Fikri di Kelurahan Bulakan Balai Kandi, Kecamatan Payakumbuh Barat, Rabu (15/6/2022). 

 

Turut hadir dalam peresmian tersebut Camat Payakumbuh Barat Ul Fakhri, Kepala Kantor Kesbangpol Dipa Surya Persada, ninik mamak, serta tokoh masyarakat sekitar. 

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi menyampaikan terima kasih apresiasi kepada warga Kelurahan Bulakan Balai Kandi yang bahu-membahu dalam pembangunan Mushalla Nurul Fikri, baik itu materil maupun non materil sebagai sarana untuk beribadah bagi masyarakat sekitar. 


Wali kota foto bersama dengan pengurus mushalla dan warga


"Alhamdulillah, berkat rahmat Allah, akhirnya Mushalla Nurul Fikri ini lantai satu sudah hmpir selesai. Itu semua berkat kerjasama warga kelurahan Bulakan Balai Kandi. Kita tentu bergembira dengan adanya mushalla pada setiap titik di Payakumbuh, sehingga ini menjadi berkah untuk kita semua terutama masyarakat sekitar," ungkap Riza

Ditambahkan Riza, Pemerintah Kota Payakumbuh memiliki program bantuan hibah. Namun program ini  dibagi seluruhnya secara merata. Apalagi pasca pandemi Covid-19, anggaran berkurang Rp200 miliar. 

"Inilah persoalan yang kita hadapi, anggaran pemko terpangkas untuk penanggulangan Covid-19, sehingga kita harus hati-hati dalam menggunakan anggaran. Anggaran wajib, seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur wajib dilaksanakan," ujar Riza


Riza berharap dengan adanya Mushalla Nurul Fikri yang selesai direnovasi untuk lantai satu, semoga kedepannya pembangunan lantai dua dilancarkan tanpa ada kendala suatu apapun dan pemerintah kota akan turut mendukung pembangunan mushalla ini hingga dapat dijadikan masjid setelah seluruh renovasinya selesai sesuai dengan harapan warga Bulakan Balai Kandi. 

Wali Kota Riza Falepi disambut masyarakat

"Dengan mengucapkan Bismillah, kita resmikan Mushalla Nurul Fikri. Mudah-mudahan pembangunan lantai dua dilancarkan tanpa ada kendala suatu apapun dan pemerintah kota akan turut mendukung pembangunan mushalla ini hingga dapat dijadikan masjid setelah seluruh renovasinya selesai sesuai dengan harapan warga Bulakan Balai Kandi," kata Riza.

Wali kota beri selamat pada pengurus mushalla usai penanda tanganan prasasti

Ketua Pengurus Mushalla Nurul Fikri, Bakri mengatakan dukungan yang sangat tinggi dari Warga Kelurahan Bulakan Balai Kandi, terutama yang berdomisili di RT 01/RW 03, Kecamatan Payakumbuh Barat yang bertekad merenovasi mushalla dengan anggaran yang cukup fantastis, lebih kurang Rp1,2 miliar.

"Mushalla ini dibangun pada 1998, dengan kapasitas 100 jemaah. Setelah 22 tahun berlalu, kondisi mushalla tidak layak lagi dan harus dilakukan renovasi secara komperehensif. Alhamdulillah, saat ini renovasi lantai satu telah selesai dilaksanakan dan dapat diresmikan Pak Wali Kota Payakumbuh," ujar Bakri

Ditambahkan Bakri, perluasan mushalla menjadi 234 meter persegi, lebih luas 50 meter dari kondisi sebelumnya. Mushalla itubakal mampu menampung 150 lebih jemaah dan mushalla dirombak lebih bagus dengan arsitektur kekinian. 



Wali kota beri sambutan

Dilanjutkamnya, jika mushalla itu rampung, pihak pengurus akan meningkatkan status menjadi masjid, sehingga bisa memfasilitasi warga melaksanakan Shalat Jumat mengingat mushalla juga berada di lingkungan sekolah, yaitu SMK Mitra.


Pengurus mushalla beri sambutan

Selain untuk peribadatan, renovasi mushalla, juga untuk menjawab peningkatan kegiatan keagamaan lainnya. Di antaranya, untuk pengembangan TPQ menjadi MDTA (Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah) yang juga disuppor Kantor Kemenag dan SMK Mitra.

"Kita optimis, renovasi mushalla akan berjalan lancar dan cepat rampung sesuai dengan yang direncanakan,apalagi dukungan yang sangat optimis dari warga dan perantau," kata Bakri. (AA)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama