10 Juli, Shalat Idul Adha di Halaman Balai Kota Payakumbuh

Rapat persiapan Shalat Idul Adha


PAYAKUMBUH-Pemerintah Kota Payakumbuh memutuskan pelaksanaan Shalat Idul Adha dilaksanakan di halaman balai kota pada Minggu (10/7/2022). Hal tersebut disampaikan dalam rapat persiapan yang digelar di aula Randang kantor wali kota, Selasa (5/7/2022).


Rapat persiapan Idul Adha tersebut dipimpin Staf Ahli Herlina didampingi Kabag Kesra Irwan Suwandi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Junaidi dan dihadiri Kepala Kantor Kemenag Ramza Husmen,  Ketua MUI Payakumbuh H. Mismardi, perwakilan PHBI, perwakilan forkopimda dan kepala OPD terkait. 

Herlina mengatakan, dipilihnya balaman balai kota sebagai tempat penyelenggaraan Shalat Idul Adha mengingat banyaknya masyarakat yang akan melaksanakan shalat.  Sekiranya ada perubahan cuaca seperti hujan, maka nanti jemaah akan dialihkan ke masjid terdekat. 

Herlina juga meminta keterlibatan OPD untuk kelancaran Shalat Idul Adha, seperti Satpol PP Damkar, Dinas Kominfo, Dinas Perkim, Dinas Lingkungan Hidup, serta pengamanan dan kelancaran lalu lintas oleh kepolisian, TNI dan Dinas Perhubungan.

“Semoga dengan persiapan yang matang ini, penyelenggaraan Shalat Idul Adha dapat terlaksana dengan baik dan sukses,” tuturnya.

Kabag Kesra Irwan Suwandi mengatakan, menyangkut perbedaan waktu penetapan Idul Adha yang terjadi antara pemerintah dan Muhammadiyah tidak mengurangi semaraknya perayaan Idul Adha tahun ini. Pemerintah menetapkan Idul Adha pada 10 Juli dan dari Muhammadiyah menetapkan Idul Adha 9 Juli.

“Perbedaan waktu Idul Adha seperti ini adalah sesuatu yang biasa terjadi," katanya.

Ditambahkan Irwan, khatib pada Shalat Idul Adha nantinya adalah Ustadz Isnaldi Mhd Dini dan Imam Ustadz Zikra Afdal. "Khatib merupakan seorang pengusaha asli Koto Nan Gadang dan alumni SD Benteng serta Imam Ustadz Zikra Afdal juga merupakan putra Payakumbuh," katanya.

Kepala Dinas Kominfo Junaidi mengatakan, Shalat Idul Adha akan disiarkan secara live streaming melalui website resmi Pemerintah Kota Payakumbuh dan juga media sosial. (AA)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama