Bupati Edimin Terima Gelar Kehormatan


 Bupati dan istri usai menerima gelar kehormatan


LABUHANBATU SELATAN-Bupati Labuhanbatu Selatan, H Edimin dan istri, Hj. Darni Saima Siregar menerima gelar kehormatan, Kanjeng Raden Tumenggung dan Kanjeng Mas Tumenggung dari Keraton Surakarta Hadiningrat.


Gelar kehormatan diberikan Raja Kasunanan Keraton Surakarta Hadiningrat, Paku Buwono XII Sri Susuhunan Ingkang Sinuhun (SSIKS) di bangsal parasdyo komplek Keraton Surakarta, Jumat (29/7/2022).

Kanjeng Raden Tumenggung (KRT), Kanjeng Mas Tumenggung (KMT), merupakan gelar kehormatan untuk tokoh atau pemimpin yang diyakini Lembaga Dewan Adat Keraton Surakarta Hadiningrat mampu berkarya dan melestarikan budaya, serta menjaga keberagaman dalam bingkai NKRI.

Keraton Surakarta memberikan gelar kehormatan kepada Bupati Edimin karena dinilai berkinerja positif, memiliki gaya kepemimpinan yang merakyat, egaliter dan membumi. 

Pemberian gelar kehormatan bertepatan dengan memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1444 yang diperingati masyarakat Jawa sebagai Malam Satu Suro.

Bupati Edimin  mengucapkan terimakasih yang tiada terhingga kepada Raja Keraton Surakarta Hadiningrat, Paku Bowono XII. 

Dikatakannya, gelar tersebut tidak hanya untuk dirinya dan istri, gelar tersebut dipersembahkan untuk daerah dan seluruh masyarakat Labuhanbatu Selatan.

"Kami tidak menduga memperoleh penghargaan ini. Terimakasih kepada Karaton Surakarta Hadiningrat. Mudah-mudahan saya tetap konsisten dalam memimpin di daerah, semoga Labuhanbatu Selatan semakin sejahtera dan bermartabat," ujar bupati.

Selain keluarga besar keraton dan penerima gelar kehormatan, turut hadir, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa serta pimpinan Komisi VI DPR, Aria Bima. (A.pohan)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama