Indonesia Miliki Catatan Mentereng Atas Filipina, Sayang Marselino Cedera

 Pertandingan Indonesia dengan Thailand yang berakhir imbang


JAKARTA-Malam ini, Jumat (8/7/2022), tim nasional Indonesia berhadapan dengan Filipina di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat dalam lanjutan penyisihan grup Piala AFF U-19.


Filipina sudah tersingkir dari kejuaraan ini. Bagi Indonesia, pertandingan  tersebut sangat sangat penting guna menjaga asa lolos ke babak berikutnya. Indonesia harus menang. Bahkan, Indonesia wajib menang besar sebagai antisipasi jika Thailand dan Vietnam bermain imbang di laga terakhir.

Indonesia menyisakan dua laga, lawan Filipina dan Myanmar. Bila Indonesia menang atas dua lawan terakhir, maka pasukan Shin Tae-yong finish dengan nilai 11. Sekarang mengoleksi lima poin hasil dari dua kali imbang dan sekali menang.

Tim nasional U-19 Indonesia punya catatan mentereng atas Filipina dalam pertemuan empat laga terakhir. Indonesia selalu menang. Sudah 17 gol dilesakkan pemain Indonesia ke gawang Filipina. Sebaliknya, tim lawan cuma mampu cetak dua gol ke gawang Indonesia. Pada 2017, Indonesia menang besar atas Filipina dengan skor 9-0. Menang besar lainnya terjadi pada 2019 dengan hasil akhir 7-1.

Catatan itu membuat optimisme bagi kubu Indonesia, apalagi sekarang bermain di depan publik sendiri. Tapi, mampukah timnas?

Indonesia sekarang tak baik-baik saja. Pengatur irama permainan, Marselino belum tentu dimainkan. Dia cedera. Belum ada pemain yang setara dengan kemampuan pemain Persebaya itu.

Coach Shin Tae-yong memang harus memutar otak, bagaimana membawa Indonesia bisa menang besar atas Filipina. Hanya koleksi gol yang banyak yang akan membantu andai Thailand dan Vietnam tak saling mengalahkan.

"Sebagai pelatih kepala, itu tidak gampang untuk ucapkan siapa pengganti Marselino. Pasti saya enggak bisa jawab. Saya harus berpikir dahulu bagaimana taktik untuk pertandingan berikutnya," kata Shin Tae-yong yang dikutip dari detikcom. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama