SMAN 4 Bukittinggi Kaya dengan Inovasi Siswa


 Wagub dialog dengan siswi SMAN 4 Bukittinggi 


BUKITINGGI-Memperingati ulang tahun perak atau HUT ke-25, SMAN 4 Bukittinggi adakan bazar kewirausahaan dan pentas seni sumarak sempati yang dihadiri Wakil Gubernur Audy Joinaldy dan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Kamis (28/7/2022).


Beragam karya siswa-siswi dipamerkan pada gelaran tersebut. Minuman berbahan dasar rempah, masker wajah, dendeng dari kemumu dan jantung pisang untuk vegetarian, hidroponik daur ulang, novel dan karya tulis hingga robot-robot berjejer di stan-stan ekstrakurikuler siswa.

Wagub Audy Joinaldy memberikan apresiasi dan mengungkapkan kebanggaannya terhadap kreativitas pelajar SMAN 4  Bukittinggi yang ia nilai sangat produktif dan inovatif.

"Sekolah ini memiliki siswa yang hebat-hebat dan sangat produktif, beragam kerajinan dan makanan sudah dihasilkan, bahkan sudah bisa membuat robotik, luar biasa," katanya.

Wagub mengingatkan guru-guru dan siswa untuk menciptakan lingkungan pendidikan generasi bangsa yang berbudi, karakter dan berdaya saing global, sehingga mereka tidak tersingkirkan oleh zaman. "Era 4.0 adalah tentang koneksi banyak hal melalui internet, kemajuan teknologi paling cepat terjadi saat ini. Anak muda, khususnya pelajar harus menanamkan dorongan untuk maju sejak dini. Dengan jumlah kepala daerah milenial terbanyak di Indonesia, Sumbar tentu mendukung penuh gerak positif kawula muda," ujarnya.

Menarik perhatian wakil gubernur, salah satunya Ijul. Siswa kelas sepuluh yang menjadi YouTuber. Lewat kanal YouTubenya, "IJUL RMX" saat ini Ijul sudah berpenghasilan belasan juta rupiah.

"Luar biasa, ternyata anak-anak kita jauh lebih kreatif dan bisa menghasilkan. Contoh saja Ijul ini, bisa memanfaatkan situasi keadaan dengan menggunakan HP saja bisa menghasilkan uang," tuturnya.

Wali Kota Erman Safar yang turut hadir juga memuji berbagai prestasi dan kreativitas siswa tersebut. Dia mengingatkan agar prestasi-prestasi positif tersebut jangan sampai tercoreng oleh prestasi "negatif" remaja.

"Kita tentu apresiasi prestasi yang diukir siswa-siswi kita. Namun seiring dengan itu semakin maraknya prestasi "negatif" remaja  juga tetap menjadi perhatian serius Pemerintah Bukittinggi," katanya.

Erman menjelaskan, untuk meng-counter hal itu Pemerintah Kota Bukittinggi kini menambah jam pelajaran khusus untuk materi budaya alam Minangkabau dan agama. "Mudah-mudahan melalui pendekatan pendidikan ini, kita kembali mampu melahirkan tokoh-tokoh nasional yang hebat dari Bukittinggi," kata Erman.

Kepala SMAN 4 Bukittinggi, Eli Noverma mengatakan sekolah dengan akreditasi A itu juga memiliki program tahfidz yang kini diikuti 108 pelajar. "Mereka disiapkan untuk menempuh jalur khusus beasiswa atau program lanjutan pendidikan dari jalur Tahfiz, targetnya empat hingga lima juz Alquran," katanya. (*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama