Festival Kasang Banyanyi Meriah, Wagub Tambah Hadiah

 Wagub berikan sambutan



PADANG PARIAMAN-Warga tumpah ruah di lapangan Tanah Sirah Rambai, Nagari Kasang, Padang Pariaman, Selasa (16/8/2022) malam. Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy memenuhi undangan masyarakat dalam pesta rakyat memeriahkan peringatan HUT RI ke-77 tersebut.


Pesta rakyat itu bertajuk Festival Kasang Banyanyi atau FasKaBa. Ajang kompetisi bakat bernyanyi yang dihelat pokdarwis setempat untuk memperingati hari kemerdekaan, sekaligus mempromosikan potensi wisata Nagari Kasang. Puluhan penyanyi dari mulai remaja, ibu rumah tangga memeriahkan festival.

Kedatangan Wagub Audy pada festival itu disambut Arif LIDA, pendangdut kondang juara ketiga Liga Dangdut Indonesia yang juga anak Nagari Kasang. Ada pula Renima Zahraini pelantun 'Kadang Antahlah Tapi Baa lah' yang populer beberapa waktu lalu. Keduanya tampil sebagai juri perlombaan.

Mengawali tahap semi final perlombaan yang telah berlangsung sejak 14 Agustus lalu tersebut, Audy memberikan apresiasi atas prestasi serta kreativitas Arif Firman dan Pokdarwis Kasang yang menggagas festival yang meriah itu.

"Kita menyambut antusias FesKaBa untuk mencari bakat dan potensi di nagari. Kasang telah melahirkan Arif, salah satu yang terbaik di Liga Dangdut. Kelak mungkin akan banyak lagi anak nagari Kasang yang berprestasi membawa nama harum Kasang ke tingkat nasional bahkan internasional," tutur wagub.

Keriuhan warga pun semakin menjadi-menjadi setelah wagub secara spontan menyampaikan akan ikut berpartisipasi menggandakan hadiah bagi pemenang kompetisi nantinya.

"Nanti yang juara ambo agiah bonceh dua kali lipat dari hadiah yang ada, biar peserta makin semangat," kata wagub menirukan dialek Minangkabau khas masyarakat Kasang.

Kasang,menurut Audy, memiliki keunggulan wisata yang patut ditonjolkan, apalagi nagari ini sangat dekat dengan Bandara Internasional Minangkabau dan Padang, sehingga memiliki nilai lebih jika sektor pariwisata dan kebudayaannya dikembangkan.

Wagub berpesan agar masyarakat setempat, terutama pemerintah nagari dan pokdarwis agar selalu mengutamakan kebersihan dan pelayanan, serta SDM untuk  pengembangan desa wisata dan budaya.

"Kunci pariwisata adalah kebersihan dan pelayanan, ini kaitannya dengan kapasitas SDM. Pokdarwis dapat mengikuti pelatihan dari pemerintah, bisa juga mengikuti langkah yang sudah dilakukan Desa wisata yang lebih advance untuk peningkatan SDM dan branding pariwisata," terang wagub.

Ketua Pokdarwis setempat, Firman Kasmadi mengatakan Nagari Kasang memiliki goa di perbukitan, kolam-kolam pemandian dan camping ground Puncak Silaha. Ia berharap melalui Festival Kasang Banyanyi dapat memperkenalkan wisata Kasang pada masyarakat luas. "Festival ini selain memperingati HUT RI, kita harapkan juga dapat mempromosikan Kasang sebagai daerah tujuan wisata," ungkap Firman.

Ketua Kerapatan Adat Nagari Kasang, Jasti Dt. Basa menyampaikan festival yang baru pertama kali dihelat di Kasang tersebut sangat bermanfaat menggugah dan menumbuhkan bakat Seni generasi muda. Ia berharap pesta rakyat semacam ini dapat terus diselenggarakan di tahun-tahun selanjutnya. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama