Menuju Desa Wisata, Undip Dampingi Masyarakat Montongsari

Suasana focus group discussion 


KENDAL-Universitas Diponegoro kembangkan wisata Desa Montongsari. Berkaitan dengan hal itu, tim LPPM Undip adakan focus group discussion di Balai Desa Montongsari, Rabu (18/8/2022). Pendampingan ini sudah memasuki tahun kedua.


Tim pengabdian  masyarakat LPPM Undip yang digawangi Prof. Sunarti, Mardwi Rahdriawan, Maya Damayanti dan Landung Esaritri. Tim terus berupaya mendampingi masyarakat Montongsari dalam mencanangkan desa wisata.

Prof. Sunarti mengatakan, tujuan pengabdian LPPM Undip adalah memfasilitasi masyarakat melalui sosialisasi dan pendampingan untuk pembuatan konsep desain masterplan untuk pengembangan wisata di Montongsari, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal.

Pihaknya menjadi pendamping  warga untuk menggali potensi di desa. "Kali ini sudah masuk tahapan membuat konsep. Kami ingin berbeda dengan desa wisata  lainnya agar menarik dikunjungi. Dengan obyek tanah bengkok pemdes yang disumbangkan menjadi embrio kegiatan wisata nantinya akan berkembang menjadi desa wisata," katanya.

Maya Damayanti menyampaikan, embrio desa wisata ini harus dikembangkan karena akan dapat menambah perekonomian masyarakat. "Masyarakat setempat sebagai pelaku utama akan lebih optimal dalam mengembangkan desa wisata dan tentunya lebih mudah," paparnya.

Anggota DPRD Kendal, Rizky Aritonang menyampaikan, Montongsari ini akan membentuk desa wisata dengan pendamping dari LPPM Undip.  (Indra)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama