Nagari Paninjauan Baralek Gadang

 Warga ikuti arak-arakan keliling nagari


BATUSANGKAR-Sebanyak 14 kegiatan dilaksanakan dalam memeriahkan Paninjauan Baralek Gadang yang dilaksanakan 18-20 Agustus. Kegiatan itu dibuka Wakil Bupati Tanah Datar.


Ketua Panitia Pelaksana A Dt. Sidi Bagindo, Kamis (18/8/2022) saat pembukaan di halaman Rumah Gadang Nagari Paninjauan menyebutkan, 14 agenda tersebut terdiri dari makan bajamba, dendang KIM, tabligh akbar, alek berburu, lomba mewarnai, main bola badunsanak, randai, stand kuliner, panjek pinang, fotografi, tungku cangkuak, arak iriang (pawai), manawai aie tawa dan solo song.

"Sebenarnya alek buru babi sudah dilaksanakan 13 Agustus lalu. Kegiatan lain akan dilaksanakan sampai 20 Agustus," katanya.

A. Dt. Sidi Bagindo mengungkapkan, pelaksanaan berbagai kegiatan atau event tidak memberatkan pemerintah magari ataupun kecamatan dalam hal anggaran atau biaya pelaksanaan. 

"Alhamdulillah, dengan semangat kebersamaan kegiatan Paninjauan Baralek Gadang bisa kami laksanakan tanpa bantuan anggaran dana dari wali nagari ataupun camat, namun tentunya kami butuh dukungan dan suport agar pelaksanaan ini mampu berjalan baik, aman dan lancar," sampainya. 

Nagari Paninjauan siap untuk melaksanakan dan menyukseskan program unggulan satu nagari satu event.  "Insya Allah kami siap untuk berkontribusi dan ikut menyukseskan program itu," katanya.

Ketua KAN Paninjauan Gj. Dt. Sinaro Panjang disamping menyampaikan terima kasih juga memberikan apresiasi kepada segenap panitia pelaksana dan pihak-pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan itu.

"Atas nama ninik mamak Paninjauan, saya sampaikan apresiasi dan terima kasih, telah bersusah payah untuk menggelar kegiatan besar ini yang tujuannya melestarikan adat dan budaya serta meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan di Nagari Paninjauan ini," katanya yang dikutip dari Prokopim Setda Tanah Datar. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama