Piala AFF 2022, Trio Naturalisasi Bisa Main?

 Coach Shin Tae-yong. (pssi)


JAKARTA-Indonesia berada di grup A pada drawing Piala AFF 2022 yang dilakukan Selasa (30/8/2022) di Bangkok, Thailand. Skuad Garuda akan melawan Thailand, Filipina, Kamboja dan pemenang kualifikasi Piala AFF antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.


Yang menarik, apakah trio naturalisasi akan bisa dimainkan. Trio itu adalah Sandy Wals, Jordy Amat, dan Shayne Pattiname.

Piala AFF untuk kali pertama menjalin kerja sama dengan Mitsubishi Electric sebagai sponsor setelah sebelumnya berkolaborasi dengan Suzuki. Untuk itu nama resmi ajang ini adalah AFF Mitsubishi Electric 2022. 

Terkait hasil drawing ini, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, Timnas Indonesia sudah siap menghadapi ajang bergengsi antarnegara Asia Tenggara tersebut.

"Kekuatan semua negara-negara di Asia Tenggara saat ini hampir mengalami perkembangan. Kita satu grup dengan juara bertahan Thailand, tentu harus membalas kekalahan saat final AFF 2020 lalu dan jangan meremehkan kekuatan negara-negara lain yang di grup A," kata Iriawan yang dikutip dari laman resmi federasi.

"Saya berharap pelatih Shin Tae-yong sudah mulai memantau pemain-pemain terbaik yang ada dikompetisi Liga 1 dan kompetisi yang ada di luar negeri. Ajang Piala AFF 2022 bisa dijadikan persiapan untuk menghadapi Piala Asia 2023 mendatang," tambahnya.

Pelatih Shin Tae-yong mengatakan, hasil drawing cukup baik untuk Timnas Indonesia. Ia juga tak masalah sistem saat ini menjadi dua home dan dua away di babak penyisihan serta semifinal dan final home away.

"Awalnya saya bingung kenapa Indonesia berada di POT ketiga pada drawing ini, namun setelah dijelaskan bahwa penilaiannya dari dua event AFF sebelumnya jadi baru paham. Saya akan mempersiapkan Timnas Indonesia dengan baik serta maksimal agar meraih juara Piala AFF 2022," kata Shin Tae-yong.

Shin menambahkan bahwa Thailand merupakan lawan terberat di grup A. Apalagi mereka menyandang status juara bertahan Piala AFF.

"Thailand tentu menjadi lawan paling kuat di grup. Meski begitu kami juga tetap waspadai semua lawan kita. Untuk pemilihan pemain saya akan memilih pemain terbaik kondisinya dan tentu ada pemain naturalisasi. Apalagi saat ini Sandy Wals, Jordy Amat, dan Shayne Pattiname masih dalam proses naturalisasi. Kami berharap ketiganya dapat segera bergabung bersama Timnas Indonesia," tukas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Piala AFF 2022 direncanakan dimulai pada 20 Desember 2022 hingga 23 Januari 2023. Pada edisi Piala 2020 sebelumnya, Indonesia meraih runner-up.

Grup A

Thailand

Filipina

Indonesia

Kamboja

Brunei/Timor Leste


Grup B

Vietnam

Malaysia

Singapura

Myanmar

Laos. (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama