Universitas Andalas Menuju Smart Campus, Taman Digital Segera Terwujud

 Menteri Kelautan dan Perikanan foto bersama dengan jajaran pimpinan Unand


PADANG-Universitas Andalas tengah menuju smart campus (kampus pintar). Pemanfaatan teknologi menjadi keniscayaan dalam kemajuan pendidikan. Taman digital segera hadir di kampus Limau Manis, Padang.


Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono yang juga Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Andalas, Minggu (21/8/2022) meletakkan batu pertama pembangunan taman digital.

Dikatakan Sakti Wahyu Trenggono, smart campus ini menjadi implementasi dari konsep kampus merdeka yang diusung Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Menurut Trenggono, setiap mahasiswa haruslah bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Masa depan ada di tangan mereka sendiri, tugas kampus hanyalah membantu dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi mahasiswanya. "Unand menuju smart campus harus diapresiasi," katanya di Convention Hall Universitas Andalas.

Wakil Rektor III, Insannul Kamil menyebutkan, taman digital akan menjadi salah satu fasilitas co-working space yang akan memberikan penguatan terhadap kemampuan mahasiswa di lingkungan Universitas Andalas. 

“Unand akan memasuki wilayah baru yang lebih terbuka, kompeten dan juga akan terus berkolaborasi dalam memajukan peradaban,” kata Insannul Kamil

Direktur Utama PT Telkom Indonesia diwakili Executive Vice President PT Telkom Indonesia, Teuku Muda Nanta menyebutkan, smart digital campus ini merupakan bentuk kolaborasi antara Universitas Andalas dengan Telkom dalam menghadapi transformasi digital. 

"Terutama dalam industri pendidikan, Unand termasuk pionir dalam mengimplementasikan konsep smart campus di Indonesia,” ujar Teuku.

Dikatakan Teuku, pengembangan infrastruktur dan jaringan menjadi fundamental utama dalam menciptakan ekosistem smart campus di Universitas Andalas. Kemudian juga akan disiapkan beberapa aspek pendukung, seperti pengembangan aplikasi dan data base, artificial intelligent, big data analytics dan juga pembangunan taman digital sebagai ikon dari smart campus Universitas Andalas.

“Diharapkan dengan kolaborasi ini menjadi salah satu benchmark dan role model dalam pengembangan smart campus di Indonesia,” kata Teuku.

Rektor Prof Yuliandri menyebutkan, era digitalisasi mesti diikuti. Perkembangan zaman harus selalu diadopsi. "Kampus pintar juga merupakan sebuah keharusan untuk diterapkan," katanya. (ZK)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama