19 Tahun Menanti, Impian Masyarakat Kaimana Akhirnya Terwujud

Pertemuan bupati dengan Direktur Air Minum Kementerian PUPR


KAIMANA-Kebahagiaan terpancar dari wajah Bupati Kaimana, Freddy Thie ketika bertemu dengan Direktur Air Minum Direktorat Jenderal (Ditjen) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jumat (16/9/2022) malam.

Penantian panjang masyarakat terhadap pemenuhan kebutuhan air bersih terjawab sudah setelah Direktur Air Minum Kementerian PUPR akan mengalokasikan anggaran operasional untuk menyelesaikan permasalahan air di Kaimana.

Bupati menyampaikan, sejak 19 tahun Kaimana berdiri sebagai kabupaten, permasalahan air masih belum dapat diselesaikan. "Padahal bendungan dan IPAL kami sudah punya. Bahkan sudah saya cek langsung jaringan pipa dari bendungan itu sudah ada juga," kata Freddy.

Ia menambahkan, setelah meninjau di lapangan, ia meminta Dinas PU Kaimana melalukan kajian untuk menemukan titik masalahnya. "Waktu itu saya langsung perintah dinas lakukan kajian. Hasilnya ternyata aset-aset yang ada belum diserahkan kepada pemerintah daerah, sehingga pemda tidak bisa lakukan intervensi pengelolaan maupun perawatan," tambahnya.

Akibatnya, banyak jaringan pipa yang tidak terawat dan sudah tidak lagi berfungsi dengan baik sehingga tidak dapat mengalir ke IPAL sampai ke rumah masyarakat.

Direktur Air Minum Kementerian PUPR, Anang Muchlis berkomitmen membantu Pemerintah Kabupaten Kaimana dalam menyelesaikan permasalahan air bersih.

"Terima kasih Pak Bupati sudah datang dan sampaikan masalah ini. Saya akan tindaklanjuti, saya akan alokasikan anggaran dari operasional kami untuk selesaikan masalah air," katanya.

Anang juga meminta proses penyelesaian tidak hanya dari kementerian, tapi juga harus ada dukungan dan kolaborasi dari pemda. "Untuk selesaikan masalah ini, saya minta juga Pak Bupati bisa bantu ya. Kita berkolaborasi dalam artian pemda juga harus komitmen jamin kelancaran di daerah, segera bentuk kelembagaan untuk mengelola aset agar setelah diserahkan bisa dirawat," kata Anang.

Bupati Freddy langsung menyampaikan terima kasih atas atensi yang berikan Direktur Air Minum ini. "Jujur saja, masalah air ini sudah dirindukan masyarakat Kaimana sejak dulu. Saya pastikan dan saya jamin kelancaran di daerah," kata Freddy. (FARID)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama