Maskot Piala Dunia U-20 Bernama Bacuya

 Peluncuran maskot Piala Dunia U-20 di Jakarta


JAKARTA-PSSI dan Kementerian Pemuda Olah Raga meluncurkan maskot Piala Dunia U-20 di Bunderan Hotel Indonesia, Minggu (18/9/2022) berbarengan dengan kegiatan car free day (CFD) Jakarta.

Hadir dalam acara tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Wakil Ketua Umum Iwan Budianto, Komite Eksekutif Endri Erawan dan Vivin Sungkono, Direktur Utama Liga Indonesia Baru Ahmad Hadian Lukita, Direktur Operasional Liga Indonesia Baru Sudjarno dan lainnya.

Hadir Jaime Yarza sebagai FIFA Tournament Director dan Christian Schmolzer sebagai FIFA U-20 Project Lead.

Maskot Piala Dunia FIFA U-20 bernama Bacuya (Badak Cula Cahaya) yang terinspirasi dari Badak Jawa bercula satu, hewan asli dari Indonesia yang kalau bermain sepakbola bersama anak-anak akan gembira dan culanya akan menyala semakin terang.

"Saya berterima kasih kepada pemerintah, Kementerian Pemuda dan Olahraga, bapak Zainudin Amali karena terus mendukung kami hingga saat ini. Hari ini, maskot Piala Dunia U-20 telah resmi diluncurkan. Namanya yaitu Bacuya, Badak Cula Cahaya. Saya juga ucapkan selamat datang dan terima kasih kepada delegasi FIFA, karena sudah memilih Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 yang sebelumnya akan dilaksanakan tahun 2021, karena pandemi, dimundurkan menjadi 2023, terima kasih," kata Mochamad Iriawan yang dikutip dari laman resmi PSSI.

Rencana awal, Menpora Zainudin Amali, Ketum PSSI Mochamad Iriawan, dan rombongan berencana ikut mobil golf yang sudah disediakan panitia, namun mereka memilih untuk berjalan kaki yang dikawal panitia agar lebih dekat dengan masyarakat Indonesia yang antusias turut meramaikan acara tersebut.

Ini juga menjadi semangat car free day setiap Minggu di mana sepanjang jalan Sudirman dan MH Thamrin kendaraan bermotor dilarang melintas mulai pukul 06.00-10.00.

Ada juga drum band yang turut mengiringi pawai maskot Piala Dunia U-20 2023 dengan alunan musik khas daerah Indonesia sehingga sepanjang ruas jalanan dipadati para pejalan kaki.

"Saya dan kita semua telah melihat maskot untuk Piala Dunia U-20 yang bernama Bacuya, saya berharap kita semua bisa menyukseskan gelaran ini, agar FIFA semakin yakin dan percaya Indonesia akan menjadi tuan rumah yang baik, mungkin saja nanti Piala Dunia Senior akan diselenggarakan di sini, karena menurut survei sekitar 70 persen masyarakat Indonesia menyukai sepakbola dan sangat antusias dengan olah raga ini," kata Menpora Zainudin Amali.

Sementara itu, perwakilan FIFA mengatakan, "Ini akan menjadi kompetisi FIFA pertama yang berlangsung di Indonesia, peluncuran logo resmi merupakan tonggak sejarah yang menarik dalam perjalanan ini." (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama