Dorong Kemajuan UMKM, Pemkot Batu Gandeng Bukalapak

 Wali kota beri sambutan


KOTA BATU-Pemerintah Kota Batu menggandeng PT Grab Teknologi guna mendorong terwujudnya digitalisasi pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada kick-off Kota masa depan kerjasama Pemkot Batu dan Grab di Alun-alun Kota Batu, Jumat (9/9/2022).

Kepala Dinas Koperasi Usaha Menengah dan Perdagangan Kota Batu, Eko Suhartono menjelaskan, pengembangan kawasan Alun-alun adalah permasalahan daya saing, daya beli dan pemasaran. 

“Untuk menyelesaikan permasalah tersebut, kita melakukan kerjasama dengan Grab, Emtek dan Bukalapak. Semoga kerjasama membawa nilai manfaat bagi PKL dan UMKM sehingga pemulihan ekonomi bagi pedagang bisa segera diatasi,” ungkap Eko.

Vice president FMCG dan Fresh Mitra Bukalapak, Caesario Parlindungan menjelaskan, kerjasama ini adalah untuk membantu para pelaku UMKM. 

“Ini menjadi titik awal di Kota Batu untuk bertransformasi. Kerjasama ini merupakan bagian dari #KotaMasaDepan (kolaborasi nyata untuk masa depan). Tujuannya membantu pelaku UMKM dan mengadopsi teknologi agar bisnis bertahan dan bertumbuh,” kata Caesario. 

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersyukur atas terjalinnya kerjasama ini. “Kualitas, harga, higienis, mohon dijaga agar produk UMKM dan PKL kita bisa dipertanggungjawabkan. Nantinya, inovasi ini tidak hanya di alun-alun, namun juga di tempat oleh-oleh agar pembeli oleh-oleh tidak hanya yang langsung datang ke Kota Batu, namun juga yang dari jauh melalui platform digital,” kata Dewanti. 

Dewanti menjelaskan, dengan kerjasama ini akan memberikan kemudahan dan memfasilitasi wisatawan yang ada di Kota Batu. Dewanti juga menyebutkan kerjasama ini termasuk langkah untuk menekan inflasi dan memperkuat ekonomi masyarakat.

“Dengan kerjasama ini, sebelum wisatawan datang ke alun-alun, mereka sudah bisa memilih menu, memesan dan membeli produk UMKM/PKL tanpa perlu mengantri. Dengan begitu, akan lebih cepat, mengurangi kepadatan dan menguntungkan UMKM/PKL,” jelas Dewanti. 

Melalui kota masa depan, pelaku usaha kecil yang bergabung dalam program ini diharapkan tidak hanya dapat menjangkau jutaan konsumen melalui platform Grab dan Bukalapak, tapi juga memperoleh peluang pendapatan baru dengan memiliki toko digital untuk menjaga keberlangsungan usaha mereka.

Program #KotaMasaDepan yang Grab usung bersama Emtek dan Bukalapak dilakukan untuk mendorong UMKM mengembangkan usaha mereka dan menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi digital. (rud)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama