Faperta Unand Rayakan Dies Natalis ke-68, Biografi Musliar Kasim Diluncurkan

 Bedah buku biografi Musliar Kasim


PADANG-Dies Natalis Fakultas Pertanian Universitas Andalas ke-68 dimeriahkan dengan peluncuran dan bedah biografi yang bejudul Musliar Kasim; Catatan Keutuhan, Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Kegiatan ini digelar di convention hall Kampus Limau Manis, Padang, Selasa (29/11/2022).

Buku setebal 444 halaman yang diterbitkan Yayasan Jari Cendekia Indonesia (JC Institute). Buku berisi kisah hidup Musliar Kasim yang penuh pengalaman, dimulai dari kisah masa kecil, kehidupan asmara, dan tentunya kiprah pendidikan dan karir yang masih terus dijalaninya hingga saat ini. 

“Buku ini menceritakan kisah-kisah hidup dalam rentang waktu yang cukup lama, sehingga banyak cerita dan pengalaman yang dapat dijadikan pelajaran. Saya meyakini, sekecil apapun pengabdian dan karya yang ditorehkan oleh manusia, patut kita himpun menjadi sebuah nilai-nilai yang dapat menjadi pegangan bagi generasi penerus yang melanjutkan perjuangan tersebut,” ujar Fajar Ruswan, penulis buku biografi Musliar Kasim bersama Sri Haryati Putri dan Ria Candra Pola.

Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Mansyurdin menyampaikan terima kasih pada Fakultas Pertanian karena telah menginisiasi kegiatan bermanfaat ini sebagai salah satu rangkaian perayaan dies natalis ke-68.

"Fakultas Pertanian adalah fakultas pertama yang berdiri di Universitas Andalas. Ini menjadi suatu contoh, Fakultas Pertanian dalam dies-nya menyelipkan budaya akademik. Bedah buku ini menjadi suatu budaya akademik yang penting, karena kita butuh riwayat dari pemimpin-pemimpin kita untuk menjadi inspirasi bagi para penerus," ucapnya.

Tiga pembedah buku dihadirkan, masing-masing yaitu Prof. Dr. rer.soz. Nursyirwan Effendi (guru besar Antropologi dan Direktur Pasca Sarjana Unand), Prof. Dr. dr. Eva Decroli, Sp.PD-KEMD, FINASIM (Dokter Spesialis Penyakit Dalam) dan Muhammad Taufiq, S.Pt., M.Pt. (alumni Fakultas Peternakan Unand). 

Diskusi dimoderatori Ir. Irawati, M. RurSc., Ph.D, dosen Fakultas Pertanian dan dihadiri oleh pimpinan kampus dan fakultas, tokoh, akademisi, alumni angkatan 78 Fakultas Pertanian hingga mahasiswa.

Salah satu hal yang digarisbawahi Prof. Nusyirwan mengenai kisah hidup Prof. Musliar Kasim, adalah pandangannya pada hidup multidimensi. “Beliau percaya setiap orang dapat berperan dalam berbagai bidang di kehidupan, tidak hanya pada satu bidang saja. Seperti beliau sendiri, yang selain akademisi, juga merupakan enterpreneur. Semasa menjadi rektor pun, beliau memasukkan isu entrepreneurship dalam pendidikan,” kata dia.

Selain itu, menurutnya pelajaran mengenai pembentukan karakter menjadi sangat penting, karena itu adalah long life education, proses belajar yang lama yang dapat dipelajari dari karakter Prof. Musliar Kasim dan dapat diambil dari buku ini. (ZK)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama