Lumpur Menumpuk di Sungai, Tepian Mandi tak Seperti Dulu Lagi

 Warga mandi di bendungan Desa Koto Rajo


TELUK KUANTAN-Tepian mandi di sungai yang terletak di Desa Koto Rajo, Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, Kabupaten Kuantan Singingi tak seperti dulu lagi. Dulu, warga menikmati bersihnya air bendungan, kini air mulai tercemar. Lantaran tak ada pilihan lain, warga tetap juga beriwisata air di sana.

Tempat warga mandi-mandi warga itu bernama Bendungan Indah Koto Rajo. "Dulu,  di sini masyarakat kerap menjadikannya sebagai lokasi pacu perahu atau sampan. Dulu, air begitu jernih," kata Irman, seorang warga desa tetangga yang sering berkunjung ke bendungan itu.

Dia mengatakan, sekarang di sungai banyak lumpur. "Air menguning karena lumpur," katanya, Minggu (4/12/2022).

Lumpur itu berasal dari aktivitas tambang liar. Aktivitas tambang telah berakhir, namun kerusakan lingkungan berlanjut hingga sekarang. Ketika lingkungan rusak, tak banyak yang mau peduli, padahal kerusakan itu akibat ulah mereka yang mengeruk keuntungan dari usaha tambang tanpa izin.

Air di sungai itu juga berfungsi sebagai sumber pengairan bagi pertanian masyarakat Kuantan Hilir Seberang. Aliran air mampu mengairi ratusan hektare sawah. Di sungai tersebut, warga juga menangkap ikan untuk makan sehari-hari.

Aliran sungai itu perlu diselamatkan. Jika terlambat semua fungsi sungai akan tinggal kenangan. Lumpur sisa tambang harus dibersihkan. "Pertanyaannya, siapa yang akan membersihkan dan menormalisasi fungsi sungai," kata Irman. (Ridhomagribi)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama